-->




Dekranasda Kota Tebing Tinggi Pamerkan Beragam Produk UMKM Tebing Tinggi di INACRAFT 2023

 ๐Ÿ—“️ Jum’at, 03-Maret-2023 [16.56]

Dekranasda Kota Tebing Tinggi Pamerkan Beragam Produk UMKM Tebing Tinggi di INACRAFT 2023


TEBING TINGGI | SUMUT » mediasergap ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Dekranasda Kota Tebing Tinggi bekerjasama dengan Pemerintah kota (pemko) Tebing Tinggi hadirkan stand produk UMKM unggulan Kota Tebing Tinggi pada event Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2023 dimana merupakan event bergengsi pameran produk kerajinan tangan terbesar di Asia Tenggara. Pameran Inacraft 2023 digelar pada tanggal 01 – 05 Maret 2023 di Jakarta Convention Centre. 

Pameran Inacraft 2023 yang mengusung tema 'From Smart Village to Global Market' menghadirkan 1.118 UKM dari 1.200 booth ikut serta dalam pameran kali ini. Sebanyak 914 merupakan anggota Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) dan 214 non anggota serta 61 peserta lainnya yang merupakan UKM binaan kementerian/ lembaga. 

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP didampingi Ketua Dekranasda Kota Tebing Tinggi Ny. Harliaminda Dimiyathi bersama Inspektur Kota Tebing Tinggi H. Kamlan, SH, MH, Kadis Pendidikan Kota Tebing Tinggi Idam Khalid, S.KM, M.Kes, Kadis Kominfo Kota Tebing Tinggi Dedi Parulian Siagian, S.STP, M.Si, Kepala Bagian Protokol Nurazizah Rangkuti dan Kabag Pemerintahan Ramadhan Barqah Pulungan hadir langsung untuk mengikuti pameran Inacraft 2023 tersebut, Jumat (03/03/2021).

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP mengatakan ini adalah event besar momen untuk pamerkan produk kerajinan lokal Tebing Tinggi di kancah nasional bahkan internasional. 

"Pemerintah Kota Tebing Tinggi pun menampilkan berbagai produk UMKM lokal dari Dekranasda Kota Tebing Tinggi dengan produk unggulan adalah batik Kota Tebing Tinggi dan yang paling laris dibeli oleh pengunjung adalah batik eco-print asal  Kota TebingTinggi. Eco-print ini merupakan batik yang pewarnaannnya menggunakan pewarna alami seperti daun-daunan. Eco-print ini juga merupakan industri batik ramah lingkungan. Salah satu pewarnanya adalah getah kulit pisang kepok keling, dengan demikian limbah industri kripik kepok keling masih dapat digunakan utk pewarna eco-print. Sementara itu pupuk pohon pisang kepok keling itu sendiri berasal dari limbah air ternak ikan air tawar" tuturnya.

Stand Pameran Dekranasda Kota Tebing Tinggi ini terlihat ramai dikunjungi oleh para pengunjung yang turut mengadiri kegiatan pameran Inacraft 2023 tersebut. Ketua Dekranasda Kota Medan Ny. Kahiyang Ayu yang juga merupakan Puteri dari Presiden RI Joko Widodo dan Juga Istri dari Wali Kota Medan Bobby Nasution terlihat ikut mengunjungi stand Pameran Dekranasda Kota Tebing Tinggi. (Ajs)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini