-->




Pj. Wali Kota Buka Pekan Olahraga Kelurahan Kota Tebing Tinggi Tahun 2023

 Pj. Wali Kota Buka Pekan Olahraga Kelurahan Kota  Tebing Tinggi  Tahun 2023


🗓️ Jum’at, 08-Sept-2023_🕙 14.49 WIB


TEBING TINGGI • SUMUT [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. secara resmi membuka Pekan Olahraga Kelurahan Kota Tebing Tinggi tahun 2023, Jumat (08/09/2023) di halaman Lapangan Merdeka.

Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Tebing Tinggi bekerjasama dengan Pemko Tebing Tinggi ini diawali dengan pawai defile yang diikuti para atlit dari kelurahan se-Kota Tebing Tinggi.

Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengatakan kejuaraan ini sebagai bentuk aktivitas dan dukungan semua pihak bagi pembangunan olahraga di Indonesia, khususnya di Kota Tebing Tinggi, Sumut.

Menurutnya, olahraga tidak hanya sekedar prestasi. Namun olahraga juga memiliki sisi lain, salah satunya dari sisi ekonomi.

"Walaupun memang prestasi itu sangat penting, dengan prestasi maka dapat membangunkan semangat juang, rasa bangga dan mengangkat harga diri daerah dan pribadi masing-masing. Namun banyak hal yang bisa berputar di sini. Tadi kita lihat sama-sama kostumnya, ragam budayanya juga masuk, termasuk tadi saya lihat juga UMKM-nya, saya kira itu yang juga tidak kalah pentingnya," ujar Pj. Wali Kota.

Lebih lanjut Pj. Wali Kota mengatakan kegiatan ini juga dapat merekatkan persatuan dan kesatuan yang dapat membangun kondusifitas kota Tebing Tinggi, terlebih dalam menghadapi kontestasi politik pemilu 2024.

"Rasa solidaritas, rasa kebersamaan itu yang lebih kita junjung. Sportivitas yang kita bangun tidak menghalalkan segala cara. Untuk itu kita harapkan ini juga salah satu bagian dari upaya kita membangun kondusifitas kota Tebing Tinggi, mengingat juga akan ada kontestasi di bidang politik. Mudah-mudahan kejuaraan ini memberikan semangat kebersamaan juga dalam proses konstitusi politik nanti," tambah Pj. Wali Kota.

Masih ujar Pj. Wali Kota, menjaga persaudaraan, menjaga persatuan, menjadi hal yang lebih penting. Selain itu juga dari ajang ini kiranya akan muncul atlet-atlet baru, yang dapat mendukung Pelatda menuju PON.

"Dan mudah-mudahan ini akan membawa nama baik Kota Tebing Tinggi. Mari kita buka pertandingan ini dengan membaca basmalah. Terima kasih, lebih kurangnya Mohon maaf saya akhiri Selamat siang Wassalamualaikum Wr Wb," demikian ujar Pj. Wali Kota.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, mengungkapkan bahwa hari ini bertepatan 1 tahun sebelum PON ke-21 tahun 2024, yang akan dibuka tanggal 8 September 2024 dengan tuan rumah Aceh-Sumut, termasuk Kota Tebing Tinggi.

"Peserta ini hampir seribu orang, sementara Pelatda yang kita siapkan untuk PON yang akan datang juga seribu orang. Dari seribu orang itu termasuk 25 orang dari Kota Tebing Tinggi," ungkap Ketua KONI Sumut.

Dirinya berharap minimal 10 persen dari peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikuti Pelatda PON ke 21 yang akan datang.

"Minimal 10 persen nantinya masih bisa kita Pelatda-kan, kalau prestasinya bagus ada promosi degradasi pada akhir tahun ini. Bersama-sama bekerja supaya Kota Tebing Tinggi ke depan jauh lebih baik lagi di dalam prestasi olahraga," ucapnya.

Ketua KONI Kota Tebing Tinggi Anton mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan olahraga silahturahmi dan kekeluargaan dalam memperebutkan piala Wali Kota Tebing Tinggi. 

Anton juga berharap kejuaran ini dapat dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan cabang olahraga yang lebih banyak.

"Dan ini bukan hanya memperebutkan medali atau piala, namun juga menjalin silaturahmi untuk kekeluargaan kita. Kita berharap peserta menjunjung tinggi fair play, baik di dalam maupun di luar lapangan. Mudah-mudahan di tahun berikutnya seluruh cabang olahraga bisa kita ikutkan," tutup Ketua KPNI Tebing Tinggi. 

Dalam laporan ketua panitia pelaksana, Humala Siagian, dasar kegiatan adalah Surat Keputusan Ketua KONI Tebing Tinggi Nomor 557/KONI-TT/VIII/2023 tentang susunan panitia olahraga Kelurahan Kota Tebing Tinggi tahun 2023.

"Adapun tujuan daripada kegiatan ini yang pertama memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Yang kedua melakukan penjaringan atlet-atlet potensial dari tingkat Kelurahan," terang Humala Siagian.

Ditambahkannya, pelaksanaan kegiatan dimulai tanggal 8 hingga 15 September 2023 dengan cabor yang dilombakan, yaitu pertandingan bola voli dilaksanakan di Lapangan Merdeka, bulutangkis dilaksanakan di GOR Marah Halim, tenis meja dilaksanakan di gedung Hj. Sawiyah, dan futsal dilaksanakan di GOR Asber Nasution.

Adapun peserta dari Kecamatan Padang Hulu dengan 139 atlit, Kecamatan Padang Hilir 158 atlit. Kecamatan Rambutan 214 atlit, Kecamatan Bajenis 105 atlit dan Kecamatan Tebing Tinggi Kota dengan 166 atlit, total keseluruhan atlit ada 782 atlit.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Janji Wasit dan Janji Atlit, kemudian menekan tombol sirine dan pelepasan balon secara serentak dilanjutkan penyerahan piala Pekan Olah Raga Kelurahan Kota Tebing Tinggi dari Pj. Wali Kota kepada panitia pelaksana diakhiri berfoto bersama. 

Turut dihadiri Kapolres Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP., Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Sekretaris PN Tegen Maharaja, S.Kom., S.H.. M.H., Hakim PA Bayu Baskoro, S.Sy. mewakili Ketua PA.

Selanjutnya, Danyon B Sat Brimob Poldasu Kompol. Heriyono, Kadispora Syahdama Yanto AP., Kepala OPD atau mewakili, Ketua PBSI Kota Gho Gian Tjai, insan pers, tamu undangan dan tim peliputan Diskominfo. (Ajs)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini