-->




Liar, Tambang Berkedok Pemerataan di Simo Tuban Ugal-Ugalan Keruk Alam

Liar, Tambang Berkedok Pemerataan di Simo Tuban Ugal-Ugalan Keruk Alam

Surga Bagi Oknum Mafia Tambang Galian C di Simo Tuban, Yang Disinyalir Tidak Berizin

📆 Kamis, 09-Mei-2024_🕑 21.54 WIB

TUBAN • JATIM [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Aktivitas Tambang Galian C jenis Tanah Urug di wilayah Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, kembali menjadi sorotan Publik.

Pasalnya, praktik eksplorasi alam tersebut disinyalir dapat mengancam kelangsungan ekosistem alam dan menjadi salah satu penyebab semakin parahnya kerusakan infrastruktur jalan.

Selain itu, tambang yang diduga tidak mengantongi dokumen perizinan secara lengkap itu juga berpotensi merugikan Negara akibat pengemplangan pajak (tidak berkontribusi).

Berdasarkan informasi yang dihimpun pewarta, lokasi tambang tanah urug tersebut dikelola oleh seorang berinisial JK, namun saat dikonfirmasi terkait kebenaran kabar tersebut, yang bersangkutan tidak memberikan jawaban.

Sementara itu, Kepala Desa Simo, M.Syukur selaku pemilik wilayah saat dihubungi awak media mengatakan, bahwa aktivitas tersebut adalah upaya Pemerataan Lahan untuk Pertanian Warga.

“Ya mas itu pemerataan, semua untuk kesejahteraan warga nantinya,” ucap Kades melalui telepon WhatsApp, Kamis (09/05/2024).

Namun saat ditanyakan soal Regulasi Pemerataan Lahan yang notabene kupasan tanahnya dijual keluar (dikomersilkan), Kades tidak bersedia menjawab secara spesifik.

Banyak pihak berasumsi, bahwa tambang berkedok Pemerataan Tanah tersebut merupakan kegiatan yang terstruktur dan masif, sehingga bisa melenggang dalam aktivitasnya.

Disisi lain, beredar kabar bahwa usaha tambang JK tersebut dalam beroperasi diduga menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar Bersubsidi. (Ssl/ Team)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini