-->




PAUD Jadi Pondasi Pembangunan SDM, 96 Bunda PAUD Dikukuhkan di Kabupaten Toba

 PAUD Jadi Pondasi Pembangunan SDM, 96 Bunda PAUD Dikukuhkan di Kabupaten Toba 


📆 Rabu, 22-Mei-2024_🕑 19.12 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi pondasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Mengingat betapa pentingnya peranan PAUD dalam pembangunan SDM tersebut, Bunda PAUD Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus mengukuhkan 96 Bunda PAUD di Kabupaten Toba  untuk tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Toba, Balige, Rabu (22/05/2024). 

Sebelum mengukuhkan 87 Bunda PAUD Desa, 1 Bunda PAUD Kelurahan dan 8 Bunda PAUD Kecamatan, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus  menyatakan bahwa PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki karakter yang baik dan berdaya saing yang tinggi. 

Menyadari pentingnya PAUD, maka Pemerintah terus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh masyarakat untuk berperan mengembangkan PAUD sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan orang tua, keluarga dan masyarakat yang memerlukan perluasan akses dan peningkatan mutu layanan PAUD yang berkualitas. Pemerintah juga perlu mendorong perluasan layanan PAUD agar terjangkau di setiap Desa, sebagaimana yang telah direncanakan Pemerintah ‘Satu Desa Satu PAUD’.

Kepada seluruh Bunda PAUD yang dikukuhkan, diharapkan dapat menjalin komunikasi dan kerjasama dengan semua pemangku kepentingan di wilayah yang memiliki potensi untuk mengembangkan layanan PAUD agar penyediaan layanan PAUD Optimal. 

Selain itu, dirinya juga mengingatkan bahwa Bunda PAUD harus berperan menjadi Fasilitator dan Motivator dalam melibatkan peran serta seluruh lapisan masyarakat. Di samping itu, secara khusus untuk Bunda PAUD Desa/Kelurahan se-Kabupaten Toba diharapkan mampu mendorong pemanfaatan Dana Desa dalam rangka pembinaan dan pengembangan PAUD di Wilayah Desa dan Kelurahan masing-masing. 

“Saya Bunda PAUD Kabupaten Toba mengucapkan selamat dan semoga dapat mengemban tugas sebaik-baiknya untuk memajukan pendidikan PAUD di Kabupaten Toba,” ujar Bunda PAUD Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus.

Bupati Toba, Poltak Sitorus yang hadir pada pengukuhan itu berpesan kepada para Bunda PAUD yang telah dikukuhkan agar segera bekerja di Daerahnya masing-masing. 

“Harapan saya sebagai Bupati, Bunda PAUD langsung bekerja. Usia 4-15 Tahun ini adalah usia yang krusial untuk kita menanamkan nilai-nilai moral, nilai-nilai karakter, nilai-nilai prinsip,” katanya.

Beliau melanjutkan bahwa usia anak dini merupakan usia emas untuk menanamkan hal-hal baik kepada anak.

“Diusia seperti itu kalau diisi yang baik maka akan menghasilkan yang baik, kalau diisi yang buruk akan menghasilkan yang buruk,” katanya dalam sambutannya. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini