Pengenalan Water Rescue Pada Perserta Jambore Pramuka Labuhanbatu Tahun 2022 | Media Sergap -->

Pengenalan Water Rescue Pada Perserta Jambore Pramuka Labuhanbatu Tahun 2022

🗓️Jum’at, 27-Mei-2022  [17.33]


Pengenalan Water Rescue Pada Perserta Jambore Pramuka Labuhanbatu Tahun 2022



Labuhanbatu • Sumut » mediasergap ⚖️🇮🇩

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu ikut serta dalam Giat Jambore Pramuka yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Wisata Alam Aek Janji dimulai tanggal 25-29 Mei 2022 di Desa Janji Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu Provisi Sumatera Utara, dalam Giat Pengenalan Water Rescue oleh TRC BPBD Labuhanbatu, Jum’at (27/05/2022).

Kegiatan Water Rescue diikuti oleh seluruh Perserta Jambore Pramuka yang terdiri dari Penggalang. Kegiatan Water Rescue ini dilaksanakan di Sungai Desa Janji Bilah Barat.

Dalam kegiatan ini seluruh Peserta Jambore dikumpulkan dan diberikan materi-materi mengenai Water Rescue (Penyelamatan di Air). Namun tidak hanya itu serangkaian kegiatan Water Rescue juga ditampilkan di hadapan Peserta Jambore.

Tim TRC BPBD Kabupaten Labuhanbatu yang didampingi oleh Kak Ibrahim membawa perlengkapan Water Rescue diantaranya Perahu, Life Jacket, Ring Bouy/ Life Bouy dan Perlengkapan Pengaman diri lainnya. Melalui kegiatan ini Peserta Jambore diberikan Pelatihan bagaimana cara memasang Life Jacket dan cara menggunakan peralatan lainnya. Tidak hanya itu Peserta Jambore juga diajarkan bagaimana cara melakukan penyelamatan korban di air.

Peserta Kegiatan Jambore sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, mereka diajarkan bagaimana cara menyelamatkan korban di air melalui kegiatan yang mereka Praktekkan secara langsung. Beberapa dari Peserta Jambore diajarkan untuk menyelamatkan rekannya sendiri yang bertindak sebagai korban dan yang lainnya sebagai Tim Penolong (Rescue).

Melalui kegiatan ini diharapkan Peserta Jambore dapat memperoleh pengetahuan dan memahami tentang water rescue (penyelamatan di air), tentang apa yang harus dilakukan saat menyelamatkan korban di air. Sebelum melakukan penyelamatan korban terlebih dahulu penolong harus memperhatikan keselamatan diri dengan menggunakan perlengkapan pengaman diri dan kami dari BPBD Kabupaten Labuhanbatu di tugaskan 10 orang untuk Siaga 24 Jam Selama Kegiatan Jambore Cabang Gerarakan Pramuka Labuhanbatu Tahun 2022 ini,” tutur Ibrahim.

[Bayek]

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini