Biaya Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Penonggol Dipertanyakan | Media Sergap -->

Biaya Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Penonggol Dipertanyakan

 ๐Ÿ—“️ Kamis, 19-Januari-2023 [17.45]

Biaya Kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan di Desa Penonggol Dipertanyakan


TEBING TINGGI • SUMUT » mediasergap ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022 di Desa Penonggol Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) diduga tidak transparan.

Pasalnya, sejumlah kegiatan yang tertulis pada Banner APBDes TA 2022 dan terpasang pada dinding kantor desa dibuat secara gelondongan atau tanpa  rincian. Seperti halnya kegiatan Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa sebesar Rp 166.000.000 yang cukup fantastis bila dilaksanakan dengan satu kegiatan.

Hal ini diketahui awak media bersama tim investigasi LSM STRATEGI saat berkunjung pada Desa Penonggol, Kamis (19/01/2023) siang sekitar pukul 11.00 WIB.

Nurul, seorang staf desa Penonggol  saat ditemui seorang diri dikantor desa menyampaikan bahwa saat ini Kepala Desa (Kades), Samsuri tidak berada di tempat, sementara Sekretaris Desa (Sekdes) sedang mengikuti rapat di kantor Inspektorat Pemerintah kabupaten Serdang bedagai (sergai). 

"Terkait kegiatan yang tertulis pada Banner APBDes TA 2022, saya tidak mengetahuinya. Kaur Pembangunan yang tahu dimana lokasi pembangunannya," kilah staf desa. 

Untuk mengetahui lebih jelas kegiatan apa saja yang dilaksanakan pada kegiatan bidang pemberdayaan masyarakat dengan sub bidang "Penguatan Ketahanan Pangan Tingkat Desa" sebesar Rp 166.000.000, awak media mencoba konfirmasi kepada Kades Samsuri melalui chat WhatsApp.

Kepada awak media, Kades Penonggol menyebutkan sesuai arahan Kemendes, di tahun 2022  untuk desa se indonesia diwajibkan menganggarkan 20 persen dari dana desa untuk ketahanan pangan.

"Untuk Desa penonggol, anggaran yang 20 persen itu kita buat dalam 4 (empat) kegiatan," jelas kades. 

Namun saat awak media kembali  bertanya, apa saja nama keempat kegiatan yang dimaksud dan berapa besar untuk masing-masing kegiatan.

Hingga berita ini diturunkan, Kades Samsuri tidak bersedia memberikan keterangan rincian tentang kegiatan tersebut. (Ajs)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini