-->




Launching Perdana Pengoperasian Bus Listrik oleh Walikota Medan

 Launching Perdana Pengoperasian Bus Listrik oleh Walikota Medan


๐Ÿ“† Jum’at, 05-Jan-2024_๐Ÿ•‘ 13.45 WIB

Medan – Sumut [mediasergap.com] ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Launching peluncuran perdana oleh Walikota Medan, Bobby Nasution saat pengoperasian Bus Listrik buat warga Kota Medan bertempat di Kompleks Perumahan J City, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Kamis (04/01/2024).

Bus ini dioperasikan Pemko Medan secara gratis, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Bobby mengatakan, bus listrik tersebut dihadirkan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pasalnya, anggaran yang dimiliki masih terbatas dan kalah jauh dari DKI Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng PT Kalista untuk menghadirkan bus-bus listrik tersebut.

“Busnya ini dibantu oleh PT Kalista. Ini kolaborasi memang. Anggaran kami kalau dengan Jakarta tidak ada apa-apanya. Jakarta (APBD) Rp 80 triliun, Kota Medan Rp 8 triliun, hanya 10 persen saja dari (Jakarta), kurang lebih anggaran kami,” papar bobby.

Kendati anggaran terbatas, pihaknya tetap konsisten mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan, seperti anjuran pemerintah pusat.

Bobby menambahkan, ada beberapa keunggulan yang dimiliki bus berkapasitas 42 penumpang ini. “Pertama seluruh masyarakat bisa menaiki bus ini secara gratis, kedua untuk lingkungan ini bus listrik tentu emisinya rendah sekali, ini tidak menggunakan bensin jadi full listrik,dan miliki 17 koridor,” ujar Bobby.

Terkait kehadiran bus ini, pihaknya juga melakukan penataan jalan agar bus tidak terhambat saat sedang melintas.

“Makanya banyak kita lakukan perbaikan, harusnya 2 jalur, jadi tiga jalur, kita rapikan dari kemarin. Jadi bukan hanya kendaraan layak jalan tapi juga jalan layak digunakan, pokoknya kita rapikan terus,” ucap Bobby.

Bobby menjelaakan saat ini baru tersedia 4 Unit Bus, dan ada 17 koridor untuk menunggu bus tersebut berjalannya waktu, nantinya Unit Bus dan koridor itu akan ditambah nantinya," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis menjelaskan, kapasitas baterai bus listrik yang diluncurkan sebesar 300 kWh.

“Masyarakat dalam waktu 6 bulan bisa menggunakan fasilitas naik Bus Gratis. Juga untuk ketahanan baterai bisa tahan satu harian itu, pastinya kalau malam itu bus listrik akan di-cas. Untuk waktu mengecas itu cukup 1,5 jam saja, titik pertama jalur bus listrik tersebut yakni di kompleks perumahan J-City, Kecamatan Medan Johor dan kawasan disini termasuk wilayah padat penduduknya,"tutup Iswar Lubis. (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini