-->




Bupati Toba Ikuti Ibadah di Gereja Banua Niha Keriso Protestan

Bupati Toba Ikuti Ibadah di Gereja Banua Niha Keriso Protestan


📆 Minggu, 02-Juni-2024_🕑 18.15 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Pemerintah Kabupaten Toba dan Gereja harus sama-sama bekerja sama untuk membangun daerah ini dalam bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Khususnya di bidang peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan, agar pelajar SMP didorong dan didukung berhasil masuk di antara dua sekolah SMA Unggulan di daerah ini, SMA Del dan SMA Asrama Yayasan TB Soposurung.

Hal ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus saat mengikuti Ibadah di  Gereja Banua Niha Keriso Protestan (BNKP)  Jemaat Tobasa Resort 42 Medan , Desa Tambunan Lumbanpea Timur, Kecamatan Balige, Minggu (2/6/2024).

Menurut Bupati Poltak Sitorus pentingnya pendidikan itu ada dalam sikap Batak Naraja yaitu Marparbinotoan (pintar bijaksana).

Kemudian dipaparkan juga poin lainya Marugamo (peduli), Maradat (sopan santun) ,dan  Maruhum (taat aturan/disiplin).

Dicontohkan bahwa peduli   itu semisal peduli akan kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan bahkan ke hal kecil semisal tutup botol saja , jangan dibuang. Jadi dimulai dari diri sendiri.

Kemudian dipaparkan juga prioritas bidang pembangunan Kabupaten Toba saat ini yaitu pariwisata, pertanian,dan pendidikan.

"Khusus bidang pariwisata ,daerah kita diberkati Tuhan dengan adanya event internasional F1H2O dan Aquabike World Championship," katanya.

Disebutkan juga di masa kepemimpinannya yang hanya 3,5 tahun dengan 2 tahun mengalami Covid-19, tentunya masih ada yang kurang pembangunan sehingga akan  diperbaiki secara terus menerus atau yang sering disebut "Pature Torus Torus Pature."

Hal lainnya , beliau juga menilai harmonisasi  hubungan antar suku Batak dan suku Nias . Dicontohkan dengan sosok Yasonna Hamonangan Laoly yang saat ini Menteri Hukum dan HAM RI.

Pada kesempatan ini Bupati Poltak Sitorus memberikan motivasi,apresiasi serta hadiah tas kepada para jemaat pelajar berprestasi yang hadir. 

Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat  (BPMJ)  BNKP Jemaat Tobasa,Yanto Lase menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Toba  dan istri Ny Rita Marlina Poltak Sitorus, Sekda Augus Sitorus dan istri Ny Irma Augus Sitorus berserta sejumlah pimpinan perangkat daerah. Ia pun memberikan kesaksian atas pembangunan di daerah ini.

"Selama bapak menjadi Bupati banyak pembangunan,contohnya di tempat kami Laguboti, jalan sudah mulus," katanya .

Acara ibadah ini juga diisi dengan persembahan sebuah lagu pujian dari Bupati Toba dan rombongan.(DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini