Bupati Toba Serahkan Bantuan Ketahanan Pangan Desa Lumban Huala, Parmaksian | Media Sergap -->

Bupati Toba Serahkan Bantuan Ketahanan Pangan Desa Lumban Huala, Parmaksian

Bupati Toba Serahkan Bantuan Ketahanan Pangan Desa Lumban Huala, Parmaksian


📆 Jum'at, 21-Juni-2024_🕑 21.37 WIB

Parmaksian•Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Bupati Toba, Poltak Sitorus berharap warga Desa, khususnya petani semakin bergiat bertani. Bantuan bibit jagung untuk ketahanan pangan yang diberikan Pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Ini Program Pemerintah untuk Ketahanan Pangan. Presiden Joko Widodo meminta agar kita waspada dengan perubahan iklim dunia yang berdampak membawa ancaman kelaparan di seluruh dunia pada Tahun 2025," kata Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya saat pemberian bantuan bibit jagung dan racun tikus kepada 220 KK penerima manfaat di Desa Lumban Huala, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Jumat (21/06/2024).

Bupati Poltak Sitorus juga berharap warga tetap menggalakkan budaya gotong royong, misalnya untuk berburu hama tikus sawah.

Kemudian warga diajak untuk mengaplikasikan etos kerja HIPAS yang merupakan singkatan dari Hibas (cekatan bersemangat) Padot (rajin) dan Togos (kuat) pantang menyerah.

Pada bagian akhir arahannya, diakui masih ada berbagai kekurangan Pemerintahan Kabupaten Toba dalam masa Pimpinannya yang tergolong singkat hanya 3,5 Tahun saja - dipotong 1,5 Tahun untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak. Itupun dalam masa singkat itu 2 Tahun mengalami masa pandemi Covid-19.

Atas keadaan itu ada prinsip perbaikan terus menerus atau yang kerap disebut dalam Bahasa Batak sebagai “Pature Torus Torus Pature” oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus.

Sebelumnya Kades Lumban Huala Tagor Manurung melaporkan kondisi sawah di Desa ini adalah tadah hujan yang sesudah panen ditanami jagung dan tanaman palawija.

Kemudian program ketahanan pangan pemberian  bibit jagung dan racun tikus tersebut bersumber dari 20% Dana Desa T.A 2024.

“Racun tikus telah dibagikan sebelumnya. Karena masalah hama ini selalu ada penundaan 2 Minggu setiap musim tanam karena hama tikus. Namun serangan hama tikus telah dapat dikendalikan termasuk cara manual berburu tikus. Kemudian ada Rehab saluran irigasi Pangan Lombu yang saat ini tengah dikerjakan.

Mewakili masyarakat, Padiman Manurung menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan perhatian Pemerintah khususnya Bupati Poltak Sitorus yang merupakan satu-satunya Pemimpin Daerah ini yang sudah beberapa kali bertatap muka dan berdiskusi dengan masyarakat Desa Lumban Huala.

Turut hadir Camat Parmaksian Ronald Sirait, Staf Ahli Sahat Manullang, Plt. Kadis Pertanian Jonni Hutajulu, Kadis Ketahanan Pangan Darwin Sianipar, dan lainnya. (DS)

(Sumber: ©MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini