Pemkab Toba Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi SISKEUDES | Media Sergap -->

Pemkab Toba Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi SISKEUDES

Pemkab Toba Bersama Bank Sumut Gelar Sosialisasi SISKEUDES


📆 Minggu, 16-Juni-2024_🕑 16.03 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Seusai mengikuti sosialisasi sistem keuangan desa (SISKEUDES) ini, diharapkan para Kepala Desa beserta perangkat atau operatornya dapat memahami dan mengaplikasikannya di Desa masing-masing.

Hal ini disampaikan Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam bimbingan dan arahannya pada acara Sosialisasi Aplikasi SISKEUDES Link (PT.Bank Sumut) di Sopo Parsaoran Nauli Tambunan, Balige, Kabupaten Toba, Sabtu (16/06/2024).

Menurut Poltak Sitorus, pemahaman pengaplikasian SISKEUDES ini sangat penting, yaitu mulai Dari perencanaan, proses hingga pertanggungjawaban harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dicontohkan mengenai pemberian bantuan bibit jagung dari sumber Dana Desa, diharapkan sesuai dengan hal-hal yang diatur dalam sistem aplikasi tersebut.

Kemudian disampaikan juga bahwa pembangunan di daerah ini harus terus menerus diperbaiki sebagaimana sering disebut oleh Bupati Poltak Sitorus dalam Bahasa Batak yaitu Pature Torus Torus Pature (red: continue improvement)

Para Kepala Desa harus menjabarkan ini dengan baik apalagi nantinya masa jabatan kepala desa akan menjadi 8 tahun, menunggu SK Bupati Toba. 

Sementara itu, sebagai Narasumber dalam kegiatan ini Kasubbdit Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Desa Kemendagri Ira Hayatunnisma menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. 

Secara teknis penggunaan aplikasi ini nantinya akan berkolaborasi dengan Dinas Kominfo Kab Toba, Dinas PMDPPA, Badan Pengelola Keuangan Daerah dan PT Bank Sumut, sehingga Oleh para Kepala Desa melalui operator dapat menggunakannya dengan mudah dan sederhana.

Dalam hal ini lanjutnya melalui aplikasi Siskeudes ini para Kepala Desa dapat meningkatkan kualitas tata kelola Keuangan Desa.

Sebelumnya Kepala Cabang PT Bank Sumut Waringin Hutabarat menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Tata kelola Pengelolaan Keuangan Desa secara transparan,  akuntable dan realtime. Karena semua pihak dapat melihat proses Pengelolaan Keuangan Desa.

Turut hadir dalam Sosialisasi ini, Asisten Adm Pembangunan Joni Lubis, Kadis Kominfo Sesmon TB Butarbutar, Plt. Kadis PMDPPA Rafles Gultom, para Kepala Desa se-Kabupaten Toba dan operator Aplikasi Siskeudes serta tamu undangan lainnya. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini