-->




Halo Warga Lebong, Mau WiFi Gratis, Datangi 5 Lokasi yang Disiapkan Dinas Kominfo-SP

mediasergap.com | LEBONG – Secara bertahap sejak Jum’at (12/11/2021) lalu. Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Pemkab Lebong, Prov Bengkulu menyiapkan 5 titik Wifi (Wireless Fidelity) gratis untuk masyarakat.

Hal ini tidak terlepas dari terobosan di bawah kepemimpinan Bupati Kopli Ansori dan Wabup Lebong Drs Fahrurrozi MPd. 

Berikut lokasi yang sudah terpasang Wifi yakni: 

• Di Taman Karang Nio Smart City Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Tubei (Terdapat dua Access Point).

• Di area Tugu Presidium Kelurahan Tanjung Agung. 

• Di kawasan Simpang Tugu Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara. 

• Di area outdoor RSUD Lebong Desa Muning Agung Kecamatan Lebong Sakti.

Plt Kepala Dinas Kominfo-SP Kabupaten Lebong Danial Paripurna SE, Rabu (17/11/21) kepada awak media mengatakan, sesuai pembicaraan dengan PT Telkom, saat ini fase trial and error. "Sekaligus melihat respons publik serta menunggu masukan dari berbagai pihak terkait optimalisasi jaringan ini,” katanya.

Dikatakan Danial, pihaknya juga telah menambah beberapa titik lampu untuk memaksimalkan penerangan di lokasi access point saat malam hari. 

"Untuk sementara Wifi gratis di sekitaran Puskesmas Muara Aman dan RSUD, Dinas Kominfo-SP berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes)," jelas Danial.

“Jika sudah oke dalam satu hingga minggu ke depan, maka akses-akses poin Wifi gratis ini akan kami usulkan untuk diresmikan secara langsung oleh Bapak Bupati Kopli Ansori pada saat HUT Lebong di awal Desember nanti,” tuturnya.

Dorong Sektor Pendidikan

Di tempat terpisah, Bupati Lebong Kopli Ansori tidak menampik, fasilitas tersebut juga untuk mendorong sektor pendidikan, kesehatan dan mendongkrak sektor pariwisata di Kabupaten Lebong.

“Diminta kepada masyarakat memanfaatkan access point ini secara maksimal dan tentunya harus bijak,” pesan Bupati. 

Menurut Bupati, mengingat kebutuhan akan internet telah merambah segala sektor, tidak terkecuali di bidang perdagangan, Ia juga meminta para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan layanan wifi gratis untuk mengembangkan usaha.

“Seperti kita ketahui, perdagangan sekarang makin terikat dengan jaringan internet. Semoga podcast dan market place mulai berkembang di Kabupaten Lebong,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Lebong AKBP Ichsan Nur S.IK sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo-SP Lebong demi mempermudah masyarakat mengakses internet.

“Karena ini yang pertama sekaligus satu-satunya di Provinsi Bengkulu, maka kami mengimbau seluruh masyarakat Lebong mendukung sekaligus menjaga seluruh peralatan Wifi gratis tersebut,” pinta Ichsan.

Hal senada diucapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong H Mustarani Abidin SH M.Si yang merespons positif dan mengatakan agar program-program unggulan Bupati dan Wabup bisa berjalan optimal, butuh kolaborasi yang apik antar OPD.

“Termasuk wifi publik gratis ini,” singkat Sekda.(Madi/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini