-->




IWO PD Kota Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Jurnalistik Di Hotel Danau Toba Parapat

 ✍️Laporan: Ajs • 💻Editor: Retif • 🕘Jam: 20.17 wib


IWO PD Kota Tebing Tinggi Gelar Pelatihan Jurnalistik Di Hotel Danau Toba Parapat


📰News » mediasergap ⚖️🇮🇩

TEBING TINGGI • SUMUT ⟩⟩ Ikatan Wartawan Online (IWO) menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik, Selasa (10/05/2022) dimulai pada pukul 15.00 wib. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Danau Toba Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara.

Dalam Pelatihan Jurnalistik yang di adakan di Hotel Danau Toba Parapat untuk meningkatkan Kualitas Para Jurnalistik, Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Ikatan Wartawan Online (IWO) Tebing Tinggi di hadiri oleh Ketua PD Sumut T. Yudhistira Adinugraha.,S.Kom dan Walikota Tebing Tinggi yang diwakili oleh Kabid Kominfo Tebing Tinggi Iswandi dan Ketua IWO PD Kota Tebing Tinggi Ridwan Siahaan dan Seluruh Wartawan yang bergabung di IWO. 

Ketua Panitia Pelaksana Sarianto Damanik  mengatakan, Materi Pelatihan akan berguna untuk melatih para rekan-rekan Jurnalis menulis berita. “Bimbingan pengurus ini penting diselenggarakan mengingat materi yang dipilih yaitu Jurnalistik akan berguna untuk jalannya program kerja ataupun dapat diterapkan di kalangan wartawan. 

Selanjutnya, Pelatihan Jurnalistik yang difasilitasi oleh Yudhistira mengatakan peserta tidak hanya menjadi pendengar, tetapi ikut berpartisipasi dengan praktek dan simulasi, yakni mencakup menganalisis unsur-unsur berita dan menulis straight news (berita langsung) mengenai kegiatan tersebut.

Yudhistira menyampaikan materi tentang praktek menulis straight news dan rumus 5W+1H (what, who, where, when, why, dan how) dalam berita Yudhistira menjelaskan bagaimana langkah untuk menyusun berita yang baik dan mudah untuk dibaca. “Inti dari menulis Jurnalistik yaitu cerita. Dengan rumus 5W+1H, kita akan lebih mudah menyampaikan inti berita atau kejadian dalam tulisan Jurnalistik,” ungkapnya.

Jadi untuk bisa menulis berita, harus memahami konsep 5W+1H tersebut. Selain itu, Yudhistira juga menjelaskan struktur piramida terbalik (dimulai dari yang paling penting, penting dan kurang penting) dalam menulis berita.

“Dalam menulis berita Jurnalistik harus memahami paragraf pertama memuat poin apa, dimana, kapan, dan siapa. Serta untuk mengapa dan bagaimana biasanya terdapat di paragraf selanjutnya untuk memperkuat atau mengerucutkan isi dari paragraf pertama,” ujarnya.

Yudhistira mengatakan, straight news yang baik akan memberikan informasi secara ringkas dan lugas mencakup unsur-unsur 5W+1H. “Jangan sampai ada unsur yang tertinggal, sebab informasi yang diberitakan bisa jadi tidak sampai kepada pembaca,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Sarianto Damanik, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan agar dapat menambah wawasan sehingga lebih totalitas, baik untuk diri sendiri maupun untuk organisasi. Mengenai materi jurnalistik,  Sarianto Damanik berharap selesai dari  kegiatan, para peserta dapat membuat berita yang baik dan berkualitas. 

“Dan dari materi yang diberikan mengenai Pelatihan Jurnalistik diharapkan peserta nantinya dapat membuat berita yang baik dan berkualitas. Kegiatan ini pun berjalan dengan baik, dilihat dari antusiasnya dalam kehadiran maupun dalam keinisiatifan bertanya,” ujarnya.

Pelatihan yang diikuti 20 Peserta ini berjalan dengan baik. Salah satu Peserta, Roy Manurung, mengungkapkan, kegiatan ini bermanfaat bagi Pengurus IWO Tebing Tinggi agar mengetahui teknik menulis straight news dengan mudah.

“Pengurus IWO Tebing Tinggi menjadi paham tentang cara menulis berita yang baik dan benar. Ilmunya bisa dipakai dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Semoga Ilmu yang disampaikan menjadi bekal di masa yang akan datang, amin,” ujar Roy.

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini