-->




Aspek PIR Sumut Lakukan Pertemuan Tekhnis Percepatan Pemetaan PSR Di Sumatera Utara

🗓️Jum’at, 03 Juni 2022  [17.56]


Aspek PIR Sumut Lakukan Pertemuan Tekhnis Percepatan Pemetaan PSR Di Sumatera Utara



Labura • Sumut » mediasergap ⚖️🇮🇩

Asosiasi petani kelapa sawit perkebunan inti rakyat (Aspek--pir) DPD I Sumatera utara telah melangsungkan acara yang berlangsung selama 2 hari, Rabu hingga Kamis ( (01--02/06.2022) di Hotel Madani Medan yang diikuti seluruh Aspek-- pir kabupaten se-Sumut dengan tema" Pelaksanaan Kegiatan pertemuan Tekhnis percepatan dan pemetaan peremajaan sawit rakyat (PSR) merupakan agenda penting untuk seluruh stakeholder para industri sawit di Sumatera utara.

sebab hal ini langkah kongkrit dalam menunjang percepatan dalam mendongkrak peningkatan perekonomian bagi masyarakat para petani kelapa sawit.

sehingga dengan adanya program Peremajaan sawit rakyat ( Psr) ini maka petani sangat terbantu dalam melakukan pelaksanaan program reflanting peremajaan perkebunan mereka.

Kegiatan ini dihadiri 10 pengurus dari DPD II kabupaten dan beberapa pembicara baik secara Daring maupun luring ,( online & offine) , hadir secara luring yakni Kadisbun Prov--su Lies Handayani Siregar, dan DPRD prov - su Zeira Salim Ritonga.juga sebagai Dewan pengawas Aspek Pir Sumut.

Seketaris Gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia (Gapki )Timbas tarigan, Manager Bakrie sumatera plantation.

Dalam kata sambutannya pada acara sosialisasi percepatan pemetaan Psr ketua Aspek Pir DPD I Sumatera Utara Syarifuddin Sirait menjelaskan, Dalam rangka peningkatan program Psr terbaru bahwasanya pemerintah indonesia melalui kementerian pertanian  telah mengeluarkan Permentan nomor 3 tahun 2022 tentang pengembangan sumber daya manusia ,peremajaan sawit ( Psr)serta sarana prasarana perkebunan kelapa sawit.

ini dilakukan agar program tersebut bisa dilaksanakan secara Masif di berbagai daerah maka untuk itulah Sosialisasi program PSR ini kami gelar. sebut ketua DPD I Aspek pir Sumut.

Kemudian ia melanjutkan" terhadap serapan kegiatan Psr di Sumut sendiri terbilang lamban.

ada sekitar 447.000 ha perkebunan sawit milik 195.000 petani sawit swadaya,sedang kebun plasma ada 24.336 ha yang dimiliki 12.118 petani plasma dalam program pola PIR.

Kita lihat kondisi saat ini sejak tahun 2017 hingga 2021 hanya berkisar 31 persen atau keluasan 27.330 hektar saja kebun rakyat di Sumut yang baru di remajakan.

Padahal target Psr untuk Sumut mencapai total keluasan 69.939 hektar,jelas Sarifuddin.

menilik hal ini maka kami fikir  pencapaian target Psr untuk Sumut ini sangat lah rendah sekali.

Padahal Sumut adalah daerah yang pertama kali di Indonesia dalam program pengembangan perkebunan kelapa sawit.

untuk itu mari bersama Aspek Pir kita tingkatkan kembali percepatan persentase pembangunan  perkebunan sawit di Sumut ini.terang Syarifuddin penuh semangat.

(Yans).

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini