Rektor Universitas Sumatera Utara Melantik Angkatan 605, 606, 015 | Media Sergap -->

Rektor Universitas Sumatera Utara Melantik Angkatan 605, 606, 015

 ๐Ÿ—“️ Selasa, 17-Januari-2023 [18.49]

Rektor Universitas Sumatera Utara Melantik Angkatan 605, 606, 015


Medan - Sumut » mediasergap ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Universitas Sumatera Utara melantik Lulusan Dokter Spesialis Anak dengan Nomor Angkatan Kelulusan 605, 606, 015 Mahasiswa dan Mahasiswi Kedokteran

  • dr. Rahmawati, M.Ked (Ped), Sp.A
  • dr. Sylvia Triana, M.Ked (Ped), Sp.A
  • dr. Handyka Vebi, G,Sp, A (Adaptasi)

di Aula Fakultas Kedokteran USU Lt.3 Selasa,(17/1/2023), Jl. Dr. T. Mansur No. 9, Padang Bulan, Kec. Medan Baru.

Universitas Sumatera Utara telah banyak melahirkan lulusan-lulusan kedokteran terbaik di Sumatera Utara.

Universitas Sumatera Utara ini memiliki dasar sejarah yang unik,dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. 

Pendirian yayasan ini dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansur membuat rancangan perguruan tinggi Kedokteran. Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. Setelah pemulihan kedaulatan akibat clash pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim mengambil inisiatif menganjurkan kepada rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk pendirian sebuah universitas di daerah ini.

Pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuk panitia persiapan pendirian perguruan tinggi yang diketuai oleh Dr. Soemarsono yang anggotanya terdiri dari Dr. Ahmad Sofian, Ir. Danunagoro dan sekretaris Mr. Djaidin Purba. Sebagai hasil kerjasama dan bantuan moril dan material dari seluruh masyarakat Sumatera Utara yang pada waktu itu meliputi juga Daerah Istimewa Aceh, pada tanggal 20 Agustus 1952 berhasil didirikan Fakultas Kedokteran di Jalan Seram dengan dua puluh tujuh orang mahasiswa diantaranya dua orang wanita. Kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (1956),dan Fakultas Pertanian (1956).

Dan beberapa wawancara dari beberapa mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU),semoga USU dapat memberikan pendidikan terbaik untuk masyarakat Sumatera Utara,dan melahirkan para dokter dokter yang berguna bagi bagi Nusa dan bangsa. (Roni K)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini