Gus Halim Kemendesa PDTT Memberi Selempang dan PIN SDGs Desa Pada Delapan Kades Berprestasi | Media Sergap -->

Gus Halim Kemendesa PDTT Memberi Selempang dan PIN SDGs Desa Pada Delapan Kades Berprestasi

🗓️ Sabtu, 04-Maret-2023 [17.45]

Gus Halim Kemendesa PDTT Memberi Selempang dan PIN SDGs Desa Pada Delapan Kades Raih Berprestasi 


Jakarta » mediasergap ⚖️🇮🇩

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar memberikan Apresiasi terkait Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Kepada Delapan Kepala Desa Berprestasi. Adapun pemberian Apresiasi tersebut berupa Selempang dan PIN SDGs Desa.

SDGs Desa merupakan pembangunan yang menjaga Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi, Kehidupan Sosial, Kualitas Lingkungan Hidup, dan Menjamin Keadilan. Sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup untuk generasi mendatang.

Ia menambahkan Delapan Desa tersebut telah mengisi data SDGs Desa 100 %. Hal itu diungkapkan olehnya saat peringatan Hari RPL Desa di Gedung Olahraga Bojonegoro, Jawa Timur, Jum’at (03/03/2023).

Dari sinilah hasil analisis langsung muncul, bahwa Desa-Desa ini telah mencapai SDGs Desa Tujuan Ke-7: Desa Berenergi Bersih Terbarukan. Seluruh Keluarga di Desa ini telah Berlistrik. Juga, menggunakan gas untuk memasak atau energi alternatif lain," kata Abdul Halim Iskandar dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Theresia Junidar menjelaskan setidaknya ada sejumlah tujuan yang terkandung dalam SDGs Desa.

“Ada 18 Tujuan SDGs Desa. Jika Desa berhasil mencapai salah satu tujuan, maka mendapat Satu PIN Berlambang tujuan tersebut. Artinya, Satu Desa berkesempatan mendapatkan Maksimal 18 PIN SDGs Desa, sesuai jenis tujuan yang telah dicapai Desa tersebut,” tutur Theresia.

Meskipun begitu, pihaknya bakal melakukan Memutakhiran Data SDGs Desa periode Maret-Mei 2023.

"Tahapan lomba dimulai dari pemutakhiran Data SDGs Desa sepanjang Maret-Mei 2023. Kemudian Kemendesa PDTT menarik Data Mutakhir SDGs Desa pada 31 Mei 2023. Inilah yang dinilai sepanjang 1-30 Juni 2023. Adapun verifikasi lapangan kepada nominator pada 1-13 Juli 2023. Hasil lomba diumumkan pada 14 Juli 2023," jelasnya.

Ia menambahkan untuk memenangkan lomba Kepala Desa paling tidak sudah memiliki capaian tiap SDGs Desa Minimal 90 % Poin.

“Dokumen menunjukkan peserta lomba hanya Desa yang telah mengisi Data SDGs Desa 100 %. Kemudian ditelisik capaian tiap tujuan SDGs Desa, minimal harus tercapai 90 % Poin. Pemenang lomba terbagi menurut wilayah pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua," kata Theresia.

Di sisi lain, Pendamping Desa Kebonpedes Lia Aam Amalia mengatakan SDGs dilakukan agar Kepala Desa mengetahui potensi dan masalah secara detail yang terjadi di tengah Masyarakat Desa.

“Ayo, isi yang penuh, agar bisa mengetahui potensi dan masalah secara detail. Agar bisa mengetahui satu per satu warga yang membutuhkan Layanan Kesehatan, Pendidikan, Air Bersih, dan Sebagainya. Ternyata hari ini bahkan Desa bisa mendapatkan penghargaan dari Kemendesa PDTT,” tutup Lia.

Ke Delapan Kepala Desa itu adalah:

  1. Kepala Desa Kadugede Kuningan Jawa Barat » Maman Abdurohman,
  2. Kepala Desa Kebonpedes Sukabumi Jawa Barat » Dadan Apriandani,
  3. Kepala Desa Kaling Karanganyar Jawa Tengah » Noto Birowo, SE,
  4. Kepala Desa Suruh Karanganyar Jawa Tengah » Gunowo,
  5. Kepala Desa Dukuhwaringin Kudus Jawa Tengah » Aris Istiyanto, A.Md,
  6. Kepala Desa Bulaklo, Bojonegoro Jawa Timur » Purwanto, SE
  7. Kepala Desa Brangkal Bojonegoro Jawa Timur » Sumantri
  8. Kepala Desa Pohsangit Lor Probolinggo Jawa Timur » Ahmat Taufik
(Reporter : Susilo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini