Camat Suwedi Tidak Menguasai Keluasan Wilayah Kawasan Hutan Kualuh Selatan | Media Sergap -->

Camat Suwedi Tidak Menguasai Keluasan Wilayah Kawasan Hutan Kualuh Selatan

 Camat Suwedi Tidak Menguasai Keluasan Wilayah Kawasan Hutan Kualuh Selatan


📆 Kamis, 09-Nov-2023_🕑 21.20 WIB


Labura • Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Camat Kualuh selatan Suwedi S,sos mengaku tidak menguasai luas kawasan hutan di wilayahnya terutama Desa desa yang lokasinya masih masuk kedalam areal Kawasan hutan di kecamatan kualuh selatan.

Hal ini di sampaikan Camat Suwedi kepada media kamis (09/11) terkait konfirmasi lanjutan pemberitaan kerusakan ribuan hektar  areal kawasan hutan yang berubah fungsi menjadi kebun kebun sawit di Desa Hasang kecamatan kualuh selatan Labura.

Menurut camat Suwedi S,sos saat di kunjungi di ruangannya kamis (09/11) menyebut " sesuai data yang ada kecamatan kualuh selatan memiliki luas wilayah 44.050,4 Hektar namun untuk areal yang masuk kawasan hutan  saya belum tahu yang mengetahuinya ya kepala desanya.

Kita ada 11 Desa 1 kelurahan jadi Desa yang banyak masuk kawasan hutan adalah Desa Hasang ,Sialang taji, Siamporik dan Bandar lama.

Soal pengusaha- pengusaha yang membuka kebun sawit di kawasan saya pun belum tau sebab belum ada laporan dari Kades. Saya tidak pernah ikut meneken surat tanah pengusaha kebun dalam.kawasan kecuali rumah yang masuk pemukiman penduduk.

Kalau pengusaha apalagi nanti sempat kebunnya di kawasan sangat luas yang di buka mereka tak berani kita itu.

Masalah hutan kawasan ini terus terang saya sudah sering menghimbau para perangkat desa untuk tidak ikut merambah di hutan kawasan ini disampaikan saat acara Musdes atau pada pertemuan pertemuan umum.

Bahkan sebagai Camat secara lisan sudah saya sampaikan kepada Kepala Desa untuk tidak menerbitkan surat tanah yang masuk dalam.kawasan.

Ketika di tanya sejauh mana peran camat untuk mendukung kelestarian hutan dan adanya sosialisasi ke warga tentang dampak dan resiko penggarapan hutan.

"Belum pernah kita lakukan baik sosialisasi maupun aktifitas kegiatan melestarikan hutan karena dananya tidak ada, jelas Camat Suwedi. (ST)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini