-->




Polsek Muara Lawa Mulai Lakukan Pengamanan Operasi Mantap Brata Mahakam 2023-2024 Pada Kegiatan Kampanye Pemilu 2024

 Polsek Muara Lawa Mulai Lakukan Pengamanan Operasi Mantap Brata Mahakam 2023-2024 Pada Kegiatan Kampanye Pemilu 2024


📆 Rabu, 29-Nov-2023_🕑 12.30 WIB 


Sendawar - Kaltim [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Hari ini, Polres Kutai Barat dan Polsek Muara Lawa turut serta dalam pelaksanaan Operasi Mantap Brata Mahakam 2023-2024 dengan memulai langkah pengamanan pada kegiatan kampanye peserta Pemilu tahun 2024. Salah satu titik pengamanan dilaksanakan dengan serius di Kampung Lambing, Kecamatan Muara Lawa, pada hari Selasa (28/11/2023).

Kapolres Kubar, AKBP Heri Rusyaman, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Muara Lawa, Ipda Rinto Christianto Simanjuntak, S.H., menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan pengamanan ini adalah memastikan keamanan dan ketertiban umum selama masa Kampanye. Kepolisian bertugas untuk menjaga agar proses politik berlangsung dengan damai, tanpa terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

Pengamanan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian juga memiliki tujuan mencegah terjadinya kriminalitas, seperti penipuan pemilihan, intimidasi, atau gangguan terhadap peserta kampanye. Dengan kehadiran polisi, diharapkan tindakan kriminal dapat diminimalkan dan hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam proses demokratis dapat dilindungi tanpa adanya ancaman atau tekanan yang tidak sah.

Selain itu, kehadiran kepolisian juga bertujuan untuk menanggulangi potensi konflik. Dengan pengawasan yang ketat, potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalkan, sehingga eskalasi kekerasan dapat dicegah. Polisi juga bertanggung jawab menegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas proses politik.

Pentingnya pengamanan dalam kampanye politik ditekankan sebagai upaya untuk memberikan rasa aman. Kehadiran Polisi diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi peserta kampanye, calon, dan pemilih, sehingga mereka dapat berpartisipasi tanpa takut akan keamanan pribadi mereka.

Dengan demikian, kegiatan pengamanan ini tidak hanya berperan dalam menjaga keamanan fisik, tetapi juga menjadi fondasi untuk memastikan bahwa proses demokratis dapat berjalan dengan aman, lancar, adil, dan damai. (Fahrul Ichsan)

(Sumber: Humas Polda Kaltim)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini