-->

Kominfo Fasilitasi Jurnalis di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024

 Kominfo Fasilitasi Jurnalis di Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024


📆 Sabtu, 02-Mar-2024_🕑 23.39 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Kinerja jurnalis atau awak media lokal hingga internasional yang bertugas meliput gelaran F1 Powerboat Danau Toba 2024 akan difasilitasi di Media Center di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Fasilitas atas kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama InJourney dan Kementerian Perhubungan ini mulai dibuka 1 Maret 2024.

“Jadi kami menyiapkan Media Center untuk menfasilitasi awak media dalam meliput dan menyebarluaskan informasi positif tentang penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba bekerjasama dengan InJourney di Pelabuhan (Balige),” ujar Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (Direktur IKPM) Kominfo, Septriana Tangkary di Balige, Jumat (01/03/2024).

Media Center yang berlokasi di lantai satu pelabuhan ini akan berperan sebagai ruang kerja jurnalis berkapasitas 50-60 orang selama acara olah raga internasional ini berlangsung.

“Terima kasih untuk kawan dari Kementerian Perhubungan dan Injourney. Memang sedikit kapasitasnya tapi ini sudah baik sekali,” tuturnya.

Di Media Center ini, awak media disiapkan ruang kerja dengan jaringan internet yang memadai agar pengelolaan pemberitaan bisa lebih cepat. Termasuk juga disediakan siaran pers yang bisa digunakan sebagai tambahan informasi.

Fasilitas internet di kawasan pelabuhan Balige diakui Septriana memadai karena tidak ada keluhan dari kru maupun Panitia F1 Powerboat Danau Toba yang menempati ruangan bersebelahan dengan awak media.

“Tidak perlu ragu (kualitas jaringan internet), sudah berapa kali kita lakukan tidak ada yang mengeluh. Kami juga menyiapkan konsumsi di Media Center untuk melayani awak media,” kata Septriana.

Selain itu, di Media Center Kominfo juga menyiapkan TV Plasma yang menampilkan jalannya balapan dan area Konferensi Pers yang terdapat di halaman belakang gedung Pelabuhan yang mampu menampung 100 Jurnalis.

Media Center ini beroperasi mulai Hari Jumat sampai dengan Minggu, tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2024 pukul 08.00 WIB - 17.00 WIB.

“Tapi andaikan Bapak/ Ibu (Jurnalis) belum selesai menulis monggo silakan bisa digunakan,” imbuh Septriana Tangkary.

Jurnalis yang ingin memanfaatkan Media Center diwajibkan untuk mendaftar ulang form registrasi harian dan saat ini Kominfo sudah mencatat ada 110 media terverifikasi yang mendaftar.

“Kami meminta komitmen seluruh jurnalis dalam menyebarkan berita baik gelaran akbar ini ke seluruh pelosok Indonesia khususnya dan Dunia pada umumnya. Kami berharap event F1 Powerboat ini dapat menjadi pemantik pariwisata dan penarik pelancong dari seluruh Indonesia karena kita ingin Toba akan bisa sama dengan Bali,” tutup Septriana. 

Pada 2-3 Maret, Indonesia untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balapan perahu motor super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat) seri Danau Toba di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige, Kabupaten Toba.

Penyelenggaraan F1 Powerboat nanti juga spesial karena merupakan edisi ke-300 sejak diselenggarakan pada 1984. Selain itu, F1 Powerboat Danau Toba tahun ini akan diikuti 18 pembalap dari sembilan tim dan berasal dari 10 Negara. (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini