-->




Bupati Toba Poltak Sitorus Ikuti Ibadah di Gereja HKBP Motung, Jemaat Minta Bantuan Bibit Jagung

 Bupati Toba Poltak Sitorus Ikuti Ibadah di Gereja HKBP Motung, Jemaat Minta Bantuan Bibit Jagung


📆 Minggu, 14-April-2024_🕑 19.35 WIB

Ajibata • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Usai mengikuti Ibadah Minggu di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Motung, Desa Motung, Kecamatan Ajibata pada Minggu (14/04/2024), Bupati Toba, Poltak Sitorus  mengundang 4 orang perwakilan jemaat maju ke depan. Pada kesempatan itu, Poltak Sitorus menanyakan langsung kebutuhan masyarakat Motung saat ini. Salah satu perwakilan, Lastri Br. Samosir, menyampaikan bahwa saat ini mereka sedang membangun Rumah Dinas Guru Huria HKBP Motung. 

“Saya Panitia Pembangunan Rumah Dinas Guru Huria HKBP Motung. Saat ini kami sedang membangun, kami mohon agar dibantu, Pak,” katanya meminta. 

Saat itu Poltak Sitorus didampingi Sekdakab Drs. Augus Sitorus langsung menyanggupi bantuan pembangunan tersebut dengan memberikan bantuan sebesar Rp. 5 juta. 

Perwakilan lainnya, Nurhaida Manurung, menyampaikan permohonan bibit jagung kepada para petani. Hampir sama dengan permintaan tersebut, Arnel Manurung juga berharap agar Pemkab Toba dapat menyerahkan bantuan berupa pupuk dan mesin pipil jagung. 

“Iya, kita kemarin sudah bagikan 30 ton bibit jagung. Ini kita sedang upayakan lagi,” katanya. 

Sementara terkait dengan pupuk yang dimaksud, Poltak Sitorus menyampaikan bahwa memang saat ini Indonesia sedang kesulitan untuk mendapatkan pupuk kimia karena negara produsen bahan baku pembuatan pupuk sedang dilanda perang. Karena itu dirinya mengajak para petani untuk beralih menggunakan pupuk kompos. Untuk mendapatkan kompos, ia mengajak warga untuk memelihara ternak. 

“Kalau kita tunggu pupuk kimia cukup, sampai kapanpun itu enggak akan cukup. Semua Indonesia saat ini kekurangan pupuk,” ujarnya. 

Dijelaskan juga  bahwa sesungguhnya penggunaan pupuk kimia secara terus-menerus dapat merusak tanah.

“Kalau kita terus pakai pupuk kimia, maka kita akan terus bergantung pada pupuk kimia. Itu sama dengan narkoba, kita akan terus ketagihan. Demikian juga tanah, kalau terus memakai kimia tanah itu rusak,” katanya lagi menjelaskan. 

“Caranya, mari kita beternak, nanti komposnya kita gunakan jadi pupuk,” lanjutnya. 

Selain menjelaskan soal pupuk, beliau juga mengajak jemaat untuk sama-sama mendukung pembangunan pariwisata di Kabupaten Toba. Prioritas  pembangunan saat ini di Toba adalah pariwisata, pendidikan ,dan pertanian.

Saat bicara mengenai pendidikan, Bupati Poltak Sitorus mendorong pelajar SMP agar berusaha masuk ke  antara dua SMA unggulan yang ada di Kabupaten Toba yaitu SMA Unggul Del dan SMA Yayasan Tunas Bangsa Soposurung.

Pada kesempatan ini Poltak Sitorus mengapresiasi dan memberikan hadiah kepada pelajar yang meraih juara di sekolah masing-masing sambil menanyakan apa cita-cita mereka.

Turut hadir mendampingi bupati, Staf Ahli Bupati Toba Audi Murphy O.Sitorus ,Staf Ahli Bupat Toba Sahat Manullang, Camat Ajibata Alex Wajon Sirait ,sejumlah pimpinan perangkat daerah, dan  sejumlah Kabag Setdakab Toba. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo Toba)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini