-->




Dampak Limbah Perusahaan Batu Gamping di Kepohagung Tuban Meresahkan Petani

 Dampak Limbah Perusahaan Batu Gamping di Kepohagung Tuban Meresahkan Petani


📆 Rabu, 24-April-2024_🕑 21.25 WIB

TUBAN • JATIM [mediasergap,com] ⚖️🇮🇩

Keberadaan PT. Pentawira Agraha Sakti salah satu perusahaan pembakaran gamping yang berlokasi di Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban dikeluhkan warga. 

Bukan tanpa alasan, dikabarkan limbah dari perusahaan tersebut telah menimbulkan dampak negatif terhadap sektor pertanian warga desa setempat.

Ironisnya lagi, pencemaran yang bersumber dari limbah pabrik berupa solar, oli, residu dan air batu gamping itu sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Menurut salah satu warga yang enggan dipublikasikan namanya, saat musim hujan limbah yang ditampung dilokasi pabrik itu meluber ke area persawahan. 

"Ini sudah terjadi cukup lama mas, bahkan warga pernah mengeluhkan hal tersebut ke perusahaan tetapi tidak ada tanggapan," ucapnya, Rabu (24/4/2024)

Keluhan serupa juga disampaikan oleh warga Dusun Kesamben, Ia menilai jika pencemaran limbah batu gamping tersebut membuat tidak nyaman warga sekitaran pabrik. 

"Saat musim kemarau aliran limbah yang itu juga menimbulkan debu, apalagi kalau siang hari terus kena sinar mata hari, semakin parah saja debunya sampe menyesakkan nafas," tuturnya.

Akibat dari pengembangan pabrik tersebut banyak  tanah yang dijual, dikarenakan lahan yang dikelola petani tersebut hasil panennya sudah  tidak bisa maksimal seperti yang dulu, sehingga sangat merugikan bagi warga masyarakat Desa Kepongagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban.

Lebih lanjut, mereka berharap kepada perusahaan agar segera menindaklanjuti keluhan warga atas pencemaran limbah tersebut, sehingga kedepannya warga yang tinggal di sekitar pabrik tidak lagi terganggu pencemaran limbah atau udara dari kegiatan perusahaan.

Sementara itu, HRD PT. Pentawira Agraha Sakti Mamat saat dikonfirmasi awak media melalui id whatsapp, pihaknya belum bersedia menjawab meski pesan telah diterima dengan tanda centang dua.

Disisi lain, berdasarkan pantauan awak media dilokasi seputaran pabrik pengelolaan batu gamping tersebut, terlihat tumpukan bahan baku pabrik (kapur) yang menggunung dan berpotensi longsor ke area persawahan warga.

Reporter : Susilo/tim

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini