Poltak Sitorus Tinjau Jalan Alternatif Menuju Desa Sirungkungon | Media Sergap -->

Poltak Sitorus Tinjau Jalan Alternatif Menuju Desa Sirungkungon

Poltak Sitorus Tinjau Jalan Alternatif Menuju Desa Sirungkungon


📆 Kamis, 13-Juni-2024🕑 22.39 WIB

Ajibata • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Di sela kunjungan Bupati Toba ke Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Kepala Desa Sirungkungon, Goklas Manurung membisikkan permintaan warga Desa Sirungkungon kepada Bupati Toba, Poltak Sitorus, Kamis (13/6/2024). 

"Tadi Pak Kades bisik-bisik sama saya soal kondisi jalan via darat ke desa ini. Katanya ada jalur yang bisa dibuka untuk jalan mobil ke desa ini. Nanti habis ini kita lihat, saya pulang dari sini nanti naik sepeda motor ke atas," katanya di hadapan warga Desa Sirungkungon. 

Usai acara penyerahan BLT dan Bantuan ketahanan pangan, Poltak Sitorus yang sebelumnya datang ke desa itu naik speedboat langsung meminta Kepala Desa untuk menyediakan sepeda motor. 

"Saya mau pulang naik motor, saya mau tinjau jalur yang Pak Kades sampaikan tadi," katanya. 

Dengan bantuan warga setempat, Poltak Sitorus dibonceng dengan mengendarai sepeda motor bebek melalui jalan rabat beton yang meliuk-meliuk menuju arah Sibisa. Desa Sirungkungon sendiri berada di tepi Danau Toba, secara geografis desa ini berada di bawah bukit terjal yang mengelilingi Danau Toba. Sepanjang perjalanan sepeda motor terus tarik gas agar mampu menanjak jalan yang berliku, bahkan dibeberapa titik kondisi jalan sangat menikung tajam hingga tampak seperti letter Z 

Sepanjang jalan yang  menanjak masih disuguhi pemandangan Danau Toba yang super indah, Poltak Sitorus tampak terganggu untuk menikmatinya  karena kondisi jalan yang sering memicu andrenalin. Setibanya di puncak, Kepala Desa Sirungkungon kemudian mengajak Bupati Toba untuk meninjau rute yang mereka sampaikan. 

"Jadi ini sudah kami survei, Pak. Dari sini bisa dibuka untuk jalur mobil sampai nanti ke Dusun 3 desa kita di bawah sana," katanya menjelaskan sambil menunjuk desanya yang terlihat jauh di bawah. 

Kepala Desa juga memastikan jika rute yang dia tunjuk tersebut tidak masuk kawasan hutan, sehingga bisa dibuka menggunakan alat berat. 

"Ini bukan kawasan hutan, Pak," katanya meyakinkan Bupati. 

Usai melihat jalur alternatif yang ditunjukkan oleh Kepala Desa, Poltak Sitorus mengakui bahwa desa Sirungkungon sangat membutuhkan jalur akses darat yang lebih aman. 

"Tadi Pak Kades sampaikan bahwa ada jalan alternatif yang bisa sampai ke Dusun 3 Sirungkungon. Mudah-mudahan nanti ke depan itu bisa dibuka. Nanti PUPR akan ke sini, nanti coba dilihat apakah potensi untuk lewat situ bisa," katanya. 

"Jadi harus dibuka akses lewat atas ini. Kalau lewat bahwa harus lewat danau pakai speed boat, tapi itu kurang cepat. Jadi kita butuh akses darat yang lebih cepat apalagi kalau ada yang sakit. Ya itulah yang kita rencanakan ke depan," katanya mengakhiri. (DS)

(Sumber: ©MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini