-->




Peringati Peristiwa Bersejarah Berdarah 13 Desember 1945 Kota Tebing Tinggi, Pj Wali Kota : Semangat Juang Pahlawan Jadikan Motivasi

🗓️ Rabu, 14-Desember-2022 [07.04]


Peringati Peristiwa Bersejarah Berdarah 13 Desember 1945 Kota Tebing Tinggi, Pj Wali Kota : Semangat Juang Pahlawan  Jadikan Motivasi



TEBING TINGGI • SUMUT » mediasergap 🇮🇩⚖️

Peringati peristiwa bersejarah berdarah 13 Desember 1945 di Kota Tebing Tinggi, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP berharap semangat juang para pahlawan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi untuk bangkit kembali pasca pandemi Covid-19. 

Sementara Pj. Wali Kota saat jumpa insan pers mengatakan bahwa semangat juang para pahlawan menjadi motivasi bagi kita semua agar kota Tebing Tinggi bisa bangkit kembali pasca pandemi Covid-19. 

"Semangat para pahlawan 13 Desember ini menjadi semangat pemuda-pemudi Tebing Tinggi saat ini untuk membangun kembali Kota Tebing Tinggi yang baru terpuruk semasa pandemi Covid-19. Heroik, semangat persatuan kesatuan tidak kenal menyerah etnis, suku bangsa semua bersatu membangun kembali Tebing Tinggi untuk kembali pulihnya ekonomi kota Tebing Tinggi," ujar Pj. Wali Kota saat dijumpa insan pers usai pelaksanaan upacara peringatan di Lapangan Merdeka, Selasa (13/12/2022).

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) memperingati peristiwa bersejarah berdarah 13 Desember 1945, dengan rangkaian melaksanakan ziarah, tabur bunga dan peletakan karangan bunga dilanjutkan upacara peringatan di Lapangan Merdeka.

Ziarah dan penaburan bunga dilakukan di Taman Makam Bahagia (TMB) Jalan Taman Bahagia Kelurahan Tanjung Marulak dan Jalan Musyawarah Kecamatan Bajenis Kota Tebing Tinggi tepatnya di Titi Gantung Sungai Padang dan peletakan karangan bunga di tugu peringatan 13 Desember Lapangan Merdeka.

Peringatan peristiwa bersejarah berdarah 13 Desember 1945 yang terjadi 77 tahun silam merupakan bentuk perlawanan pejuang pemuda terhadap penjajah Jepang di Kota Tebing Tinggi.

Dandim 0204/DS Letkol. Czi. Yoga Febrianto, S.H., M.Si. selaku Inspektur Upacara dalam ziarah dan tabur bunga di TMB sementara Inspektur Upacara dalam upacara peringatan di Lapangan Merdeka dipimpin oleh Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Muhammad Kunto Wibisono, S.H., S.I.K., M.M.

Kapolres dalam pembacaan amanat Pj. Wali Kota Tebing Tinggi menyampaikan bahwa peristiwa berdarah 13 Desember 1945 setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pejuang di Kota Tebing Tinggi dalam melawan tentara Jepang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Semangat ribuan korban yang jatuh berguguran menjadi kesuma bangsa harus menghidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan," ujar Kapolres.

Kapolres berharap dengan peringatan peristiwa berdarah 13 Desember tahun ini dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran kita agar terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat dalam membangun Kota Tebing Tinggi. 

"Teladan dari para pejuang yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita pada peringatan peristiwa berdarah 13 Desember tahun ini," kata kapolres.

Dikatakan Kapolres masih dalam pembacaan amanat, mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan bangsa. Semangat dan nilai-nilai perjuangan pahlawan yang gugur pada peristiwa berdarah 13 Desember sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita.

"Bersama kita kenang dan hormati perjuangan mereka guna membangun ingatan kolektif agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa," demikian ujar Kapolres. 

Turut dihadiri Sedako Drs. Bambang Sudaryono, Anggota DPRD Ogamota Hulu dan Anda Yasser mewakili Ketua DPRD Kota, Kasi Intel Kejari Hiras Afandi Silaban, S.H., M.H. mewakili Kajari, Ketua Pengadilan Agama Dr. Hj. Devi Oktari, S.H.I., M.H., Wakil Ketua PN Cut Carnelia, S.H., M.H. mewakili Ketua PN, Danyon B Sat Brimob Poldasu atau mewakili, Komandan Subdenpom I/1-1 Tebing Tinggi atau mewakili, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD se-Kota Tebing Tinggi atau mewakili, Kepala BNNK, Kalapas, ASN dan TNi, Polri dan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota dan DHC 45 Kota, ahli waris pejuang 13 Desember, Ketua TP PKK Kota serta tamu undangan. (Ajs)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini