1.011 HIPNOTERAPIST PKHI SIAP DAMPINGI CAPRES /CAWAPRES DAN CALEG STRES KARENA GAGAL DI PEMILU 2024 | Media Sergap -->

1.011 HIPNOTERAPIST PKHI SIAP DAMPINGI CAPRES /CAWAPRES DAN CALEG STRES KARENA GAGAL DI PEMILU 2024

1.011 HIPNOTERAPIST PKHI SIAP DAMPINGI CAPRES /CAWAPRES DAN CALEG STRES KARENA GAGAL DI PEMILU 2024


📆 Minggu, 12-Nov-2023_🕑 18.40 WIB


Jakarta [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Pada tanggal 19 Nopember 2023, Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) Merayakan HUT Ke 9. HUT kali ini dirayakan dengan menyelenggarakan Seminar Nasional Hipnosis yang dilaksanakan pada Sabtu 11 Nopember 2023 di Jakarta.

Seminar kali ini mengangkat topik HYPNOSIS FOR INDONESIA MENTAL HEALTH dengan Narasumber :

  • Ir. AVIFI ARKA, M.M. (Ketua Umum DPP PKHI) Tema : Perkembangan Hipnosis di Indonesia
  • ROCKY GERUNG (Akademisi dan Pembicara Publik) Tema : Filosofi Kesehatan Mental
  • dr. AISAH DAHLAN, CMHt., CM.NLP. (Hypnotherapist) Tema : Hypnosis For Mental Health

Topik mental health diangkat juga terkait dengan peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober 2023 serta Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 Nopember 2023.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menunjukkan lebih dari 19 juta penduduk berusia diatas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional (7,8%), dan lebih dari 12 juta penduduk berusia diatas 15 tahun mengalami depresi (4,8%).

Data Indeks Kesehatan Mental Masyarakat Indonesia Tahun 2023 yang dimuat laman World Population Review menyebutkan bahwa di Indonesia ditemukan 9.162.886 kasus depresi dengan prevalensi 3,7 persen. 

Juga, mengutip laman Sehat Negeriku Kemenkes, Indonesia memiliki prevalensi orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20% populasi di Indonesia itu mempunyai potensi-potensi masalah gangguan jiwa. Diperkirakan tahun 2024 problem ganguan mental ini akan semakin bertambah, dengan adanya perhelatan nasional yaitu PEMILU 2024. Namanya kompetisi, pasti ada menang dan kalah. Bagi beberapa orang yang ikut berkompetisi, tapi tidak siap menerima kekalahan, biasanya bisa mengalami gangguan mental. Itulah mengapa setelah pemilu, ada saja CAPRES/CAWAPRES dan CALEG yang menjadi stres, bahkan sakit jiwa lantaran gagal mendapat jumlah suara yang cukup untuk duduk di kursi presiden/wapres ataupun parlemen.

Mengantisipasi hal tersebut DPP PKHI akan mengerahkan 1.011 orang Hipnoterapist tersertifikasi BNSP dan memiliki Ijin Praktek (STPT) DINKES/PTSP se Indonesia, siap memberikan pendampingan dan layanan Hipnoterapi bagi para CAPRES/CAWAPRES dan CALEG yang mengalami stres, jika perlu diberikan secara gratis jika mereka sudah kehabisan modal. Program ini akan dibuka mulai 15 Februari – 15 Maret 2024.

Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) sebagai organisasi profesi dibidang Hipnotis dan Hipnoterapi di Indonesia sangat prihatin akan hal ini, sehingga PKHI merasa perlu untuk menyelenggarakan Layanan Hipnoterapi sebagai bentuk kepedulian PKHI terhadap problematika bangsa saat ini.

SEKILAS PKHI

PKHI dalam menjalankan aktifitas organisasinya sudah mendapatkan dan memiliki SK KEMENKUMHAM RI Nomor : AHU-00753.60.10. 2014 tanggal 25 Nopember 2014 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia.

Visi dan Misi PKHI adalah menjadi organisasi profesional di bidang Hipnotis dan Hipnoterapi di Indonesia yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia tentang manfaat Hipnotis serta menjadikan Hipnotis sebagai Profesi Mulia.

Keilmuan Hipnotis sudah banyak diajarkan di masyarakat dengan standar yang sudah diakui oleh pemerintah, yaitu :

  • Standar Kompetensi Kerja Khusus (SKKK) Juru Hipnotis dan Hipnoterapis untuk Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) dilingkup KEMNAKER RI.
  • Standart Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kurikulum Hipnoterapi untuk Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dilingkup KEMENDIKBUDRISTEK RI.
  • Bahkan PKHI sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Kompeten Hipnotis Indonesia (LSP KHI) dengan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) RI.

Profesi Ahli Hipnotis juga sudah masuk Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI) tahun 2014 di point 2659.04. Saat ini PKHI juga sudah menjadi Mitra KEMENKES RI, sebagai salah satu organisasi profesi yang bisa memberikan rekomendasi mengurus ijin praktek (STPT) Hipnoterapi di seluruh Indonesia.

Saat ini PKHI memiliki anggota sebanyak 11 ribu orang yang tersebar di Indonesia, Kepengurusan organisasi PKHI di Indonesia sudah ada di 34 DPW/Propinsi dan 222 DPD/Kota/Kabupaten. Anggota PKHI berasal dari berbagai latar belakang seperti tokoh agama, para profesional seperti dokter, TNI/Polri, guru/dosen, pengusaha, birokrat, IRT., dll.

Hipnotis adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran manusia. Dalam literatur barat hipnotis disebut "hypnosis" atau "hypnotism". Ilmu ini adalah ILMIAH dan siapapun bisa mempelajarinya. 

Terapan hipnotis saat ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia seperti Hypnoterapist (penyembuhan), Hypno Parenting (pola asuh orang tua), Stage & Street Hypnosis (hiburan seperti di Televisi atau Media Sosial), Forensic Hypnosis (untuk para praktisi dan penegak hukum), Hypno Selling (teknik menjual), Hypno Motivation, Hypno Birthing (melahirkan tanpa rasa sakit), Medical Hypnosis (mental anestesi, khitan tanpa sakit, cabut gigi tanpa sakit), dll. (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini