Kesiapan Pelaksanaan F1 Powerboat Internasional Danau Toba 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya | Media Sergap -->

Kesiapan Pelaksanaan F1 Powerboat Internasional Danau Toba 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya

Kesiapan Pelaksanaan F1 Powerboat Internasional Danau Toba 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya
Pj Gubernur Sumatera Utara Hasanudin (Tengah Berbaju Putih) dan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Direktur IKPM Kominfo) Septriana Tangkary dalam Konferensi Pers Media Center F1 Powerboat Danau Toba 2024

📆 Sabtu, 02-Mar-2024_🕑 21.08 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memastikan pelaksanaan Pertamina F1 Powerboat Danau Toba 2024 jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Satu di antaranya adalah peningkatan koordinasi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat.

“Berangkat dari keberhasilan pelaksanaan event (F1H2O) tahun yang lalu, koordinasi-koordinasi sebagian kita sempurnakan, kita tingkatkan. Alhamdulillah seperti yang dilihat, kepanitiaan sekarang, kesiapan dan pelaksanaannya lebih baik dan lebih sempurna,” katanya di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu (02/03/2024).

Koordinasi yang lebih baik tersebut diyakininya juga akan memberikan dampak ekonomi yang di dapatkan masyarakat sekitar Danau Toba juga semakin meningkat.

Penambahan berbagai fasilitas penunjang seperti Penginapan atau Homestay dan Hotel Bintang Lima di Kawasan Pulau Samosir yang balum lama diresmikan, jadi salah satu yang dilakukan. 
“Saya atas nama masyarakat Sumatera Utara, khususnya di Kawasan Danau Toba, sangat bersyukur, berbahagia bahwa Injourney dan Pemerintah Pusat telah mengadakan hal (Balapan F1H2O) tersebut,” tuturnya.

Dari sisi pengamanan juga demikian. Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Agung Setia Imam Efendi, menyatakan pihaknya telah memaksimalkan persiapan dengan menyiapkan Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi F1 Powerboat 2024.

Operasi yang juga di dukung Mabes Polri, TNI, Dinas Perhubungan hingga Satpol PP Kabupaten Toba ini diharapkan makin memastikan penyelenggaraan event ini berlangsung secara aman lancar dan masyarakat merasakan kesan yang baik.

“Kami bersama InJourney maupun penyelenggara jauh hari sudah berkoordinasi bagaimana mengamankan perlengkapan dan boat yang datang dari Luar Negeri ke Pelabuhan Belawan dan kami mengawal peralatan itu hingga ke Danau Toba dengan baik,” kata Kapolda Agung.

Dia juga memastikan sistem pengamanan baru yang melibatkan 1.170 Personel gabungan akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah aksesnya ke lokasi acara. Termasuk menyiapkan tiga helikopter dan tim dokter yang bersiaga mengantisipasi jika terjadi kecelakaan balapan atau hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kepolisian juga melakukan rekayasa lalu lintas lebih baik dari tahun lalu, menyiapkan 13 kantong parkir yang tersebar di sekitar lokasi venue dan bekerja sama dengan Kementerian perhubungan menyiapkan 31 shuttle bus untuk mengangkut pengunjung dari kantong parkir. 
“Mari kita menikmati event ini dan kami harapkan Masyarakat bisa menikmati event ini dan kami menjaga semua,” ujar Agung.

Sedangkan Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Direktur IKPM Kominfo) Septriana Tangkary mengatakan, event ini menjadi satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan pengembangan pariwisata di wilayah Danau Toba dan sekitarnya, terutama Sports Tourism. 

Tujuan utamanya adalah meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, sehingga penyelenggaraannya didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Pemerintah Daerah, Injourney, dan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Balige.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh Jurnalis dan Media untuk selalu menyebarkan informasi dan narasi positif terkait F1 Powerboat Lake Toba 2024 agar kegiatan ini membawa manfaat yang besar dan positif bagi kita, Masyarakat, dan Negara,” tandas Septriana Tangkary. (D. Simarmata)

(Sumber: Kominfo Newscroom)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini