-->

Pemerintah Desa Daneu Kecamatan Lebong Atas Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting T.A 2024

 Pemerintah Desa Daneu Kecamatan Lebong Atas Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting T.A 2024


📆 Senin, 11-Mar-2024_🕑 17.54 WIB

Lebong • Bengkulu [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Desa Daneu Melaksanakan Kegiatan Acara Sosialisasi pencegahan stunting bertempat di Kantor Desa Daneu Kecamatan Lebong Atas Kabupaten Lebong, turut hadir Enggus Subarman, S.Pd, M.Pd, Camat Lebong Atas, beserta Staf, Bhabinkatimas Kecamatan Lebong Atas, Pjs Kepala Desa Daneu Melki Ferdiansyah beserta Pemdes Daneu, Ketua BPD dan  Anggota, Ibu-Ibu beserta Balita yang ikut hadir.

Dalam kata sambutan Kepala Desa Daneu Melki Ferdiansyah Sosialisasi Pencegahan Stunting yang di adakan oleh Pemerintah Desa Daneu pada hari Senin 11 Maret 2024 di Balai Desa Daneu, Narasumber Utama Dinas Kesehatan Ahli Gizi dari Puskesmas Lebong Atas dan selaku Bidan Desa Daneu kegiatan ini dihadiri Ibu-Ibu hamil, Ibu yang mempunyai Balita kurang dari 5 Tahun dan Kader Desa Daneu. 

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang dapat terjadi pada anak kondisi ini menyebabkan anak memiliki perawakan pendek kabar baiknya.

Stunting dapat di cegah sejak dini bakal sejak masa kehamilan tujuan diberikan Sosialisasi adalah Memberikan pengetahuan dan wawasan pencegahan stunting untuk meningkatkan kesadaran publik dan perubahan prilaku masyarakat untuk hidup sehat.

Cara pencegahan Stunting : Stunting pada anak dapat dicegah masa kehamilan hingga anak usia 2 Tahun atau disebut juga periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko anak mengalami Stunting :

  1. Memperhatikan Asupan Gizi,
  2. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin bagi Ibu Hamil dan Balita,
  3. Mengatasi Permasalahan Anak yang Susah Makan dan Variasi Makanan,
  4. Menjagakan Sanitasi Lingkungan,
  5. Memberi Edukasi Penyuluhan Ibu Hamil dan Ibu Menyusui,
  6. Melakukan Vaksinasi Lengkap Bayi Lahir sesuai Anjuran.

Kesimpulan dari Sosialisasi ini yaitu Desa Daneu perlu mempersiapkan generasi penerus yang lebih unggul, Para Stakeholder, Masyarakat dan Semua Pihak perlu bersama-sama terlibat secara langsung penanganan stunting ini. Mengingat pentingnya pencegahan stunting ini Pemerintah Desa Daneu berupaya melakukan pencegahan melalui berbagai kegiatan Pemberian Tablet tambahan Darah untuk Remaja Putri, Calon Pengantin, Ibu Hamil, Promosi ASI Ekslusif, Promosi Makanan Pendamping ASI, Pemberian Suplemen Gisi Mikro (PMT) Tatalaksana Gizi Kurang /Buruk, jelas Pjs. Kades Melki Ferdiansyah. (Darmadi)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini