-->




Serahkan Bantuan Bibit Jagung 34,5 Ton, Targetkan Hasil 11.500 Ton

 Serahkan Bantuan Bibit Jagung 34,5 Ton, Targetkan Hasil 11.500 Ton


๐Ÿ“† Jum’at, 05-April-2024_๐Ÿ•‘ 12.54 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Pemerintah Kabupaten Toba membagikan 34,5 ton bibit jagung jenis NK 212 kepada 280 Kelompok Tani yang tersebar di 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Toba. Pemberian bibit ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Toba, pada Jum’at (05/04/2024) pagi. 

Bupati Toba, Poltak Sitorus sebelum menyerahkan Bibit tersebut mengajak para petani penerima bibit agar menanam dan merawat bibit dengan serius agar membuahkan hasil yang maksimal. “Jadilah petani yang ‘Hipas’, Hibas (Cekatan), Padot (Rajin) dan Togos (Kuat) agar Bibit ini memberikan hasil maksimal,” katanya. 

Sementara kepada sejumlah awak media, Poltak Sitorus menyampaikan bahwa bibit yang diberikan bukanlah ajang coba-coba. Dirinya dengan tegas menyampaikan bahwa bibit jagung NK 212 sebelumnya telah ditanam di Toba dan hasilnya memuaskan. Meski demikian, dirinya mengakui bahwa bibit tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan. “Ini bukan ajang coba-coba, sudah ada yang berhasil menanam ini di Toba. Memang ada kelemahan, misalnya, ini lebih ringan daripada bibit Pioner tetapi ini lebih kuat terhadap kemarau,” katanya. 

Untuk menyukseskan penanaman jagung tersebut, dirinya memastikan akan mengerahkan semua tim penyuluh turun ke petani untuk mengajari para petani menanam, merawat dan memupuk jagung tersebut.

“Jadi kita akan libatkan semua dari Dinas Pertanian, tim penyuluh. Bagaimana cara memupuknya, takaran jumlah pupuk dan waktu memupuk agar hasilnya benar-benar maksimal,” katanya. 

Bibitnya rencananya akan ditanam di lahan seluas ± 2.300 hektar yang merupakan milik petani yang tergabung dalam 280 Kelompok Tani. Bibit ini ditargetkan akan memberi hasil minimal 5 ton per hektar. Jika bibit tersebut berhasil, maka diperhitungkan akan memberikan hasil hingga 11.500 ton.

Adapun 280 Kelompok Tani penerima bibit tersebar di 9 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Laguboti, Kecamatan Sigumpar, Kecamatan Nassau, Kecamatan Parmaksian, Kecamatan Uluan, Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan Porsea, Kecamatan Pintu Pohan Meranti dan Kecamatan Balige. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo Toba)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini