-->




Plt. Kadis PMD-PPA Toba Minta Seluruh Desa Pasang Plang Informasi APBDes

Plt. Kadis PMD-PPA Toba Minta Seluruh Desa Pasang Plang Informasi APBDes


📆 Rabu, 22-Mei-2024_🕑 21.16 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA) Kabupaten Toba Rafles Sergius Gultom melalui Staf PMDP & PA Duma Sitorus meminta seluruh Desa untuk mengelola Dana Desa secara lebih Transparan dengan memasang Plang Pengumuman berupa Baliho yang memuat isi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Hal itu, ujarnya, untuk menindaklanjuti Instruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Amanah Undang-Undang tentang Dana Desa tertuang di dalam Peraturan Bupati Toba Nomor 8 Dana Desa Bab IX Publikasi Pasal 36 Point 1 dan 2.

“Dengan pemasangan Papan Informasi APBDes di setiap Kantor Desa diharapkan agar menciptakan lingkungan di Desanya lebih Transparansi /Akuntabel mengelola Dana Desa”, sebut Duma saat ditemui Rabu (22/05/2024), di Ruang Kerjanya.

Duma menyebutkan, pihaknya akan mengevaluasi dan menyurati Kepala Desa yang tidak memasang Plang Pengumuman berupa Baliho yang memuat APBDes.

Duma berharap kepada 231 Kepala Desa di Kabupaten Toba agar memasang Papan Informasi, karena itu merupakan bentuk Tranparansi Kepala Desa mengunakan Alokasi Dana Desa.

Menurut dia, Transparansi Pengelolaan Anggaran Desa dapat diartikan sebagai bagian dari suatu Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah yang menyediakan Informasi Keuangan yang terbuka bagi Masyarakat, sebagaimana telah diatur dalam UUD 1945 Pasal 28 F, UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU No. 6 Tahun 2014 Pasal 82 dan 86 tentang Desa. (Rel)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini