-->




Kecamatan Ajibata Jadi Binaan IVA Test, Bupati Toba Dorong Masyarakat Memanajemen Kesehatan CERDIK dan TOOLS

Kecamatan Ajibata Jadi Binaan IVA Test, Bupati Toba Dorong Masyarakat Memanajemen Kesehatan CERDIK dan TOOLS


๐Ÿ“† Jum’at, 31-Mei-2024_๐Ÿ•‘ 22.44 WIB

Ajibata • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengajak warga khususnya kaum Ibu agar aktif mengikuti pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test untuk mendeteksi dini kanker serviks.

Hal ini disampaikan Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya saat TP-PKK Provinsi Sumatera Utara memonitor Kecamatan Ajibata sebagai Pelaksana IVA Test yang digelar di Puskesmas Ajibata, Kabupaten Toba, Jumat (31/05/2024).

Menurut Poltak Sitorus, pencegahan dini dengan metode IVA Test harus digencarkan mengingat biayanya mengingat lebih murah serta cepat dan tingkat akurasi hampir sama papsmear yang selama ini populer digunakan.

“Dengan semakin meningkatnya kesadaran untuk melakukan deteksi dini maka kita bisa mengambil langkah dini mengingat kanker serviks adalah penyakit mematikan di dunia,” katanya.

Beliau pun mengajak semua warga memanajemen kesehatan dengan rumus CERDIK yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas, Diet seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres.

Untuk kelola stres sesuai base on the research, lanjutnya, adalah dengan cara TOOLS yaitu Tuhan (Mengandalkan Tuhan), berbagi kepada Orang, OL yaitu Olahraga, dan Supplai makanan yang membuat tidak stres.

Kepada Tim Monitoring TP-PKK Provinsi Sumatera Utara Delyana selaku Ketua, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Hendri Irawan Sianturi dan rombongan, Bupati Poltak Sitorus mengucapkan selamat datang dan berharap dengan pembinaan dan dukungannya bahwa Kecamatan Ajibata sebagai perwakilan Kabupaten Toba dapat menjadi Kecamatan binaan kategori pelaksana terbaik IVA Test yang diperlombakan ke Tingkat Provinsi.

“Namun yang terpenting adalah kesadaran kita untuk menjaga kesehatan Mari sama-sama kita saling mengingatkan dan mengajak masyarakat khususnya Ibu-Ibu usia 20 sampai 30 tahun yang sudah berkeluarga agar semua aktif memeriksakan kesehatannya secara berkala minimal sekali dalam enam bulan,” katanya.

Sebelumnya Ketua TP-PKK Kabupaten Toba Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus menyampaikan laporan kepada tim.

Dikatakan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Toba Nomor 21 Tahun 2024 Tentang Desa Binaan di Kabupaten Toba ada 4 Desa dan 1 Kecamatan yang ikut perlombaan dan secara serentak hari ini dimonitor TP-PKK Provinsi Sumatera Utara.

Masing-masing Desa Lumban Binanga, Kecamatan Laguboti, Pelaksanaan Tertib Administrasi PKK, Desa Narumonda I, Kecamatan Siantar Narumonda Pelaksana Terbaik Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) yang penuh Cinta Kasih Sayang, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, Pelaksana Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K PKK), Desa Lumban Dolok, Kecamatan Silaen, Pelaksana Terbaik Hatinya PKK,dan Kecamatan Ajibata, Pelaksana Terbaik IVA Test.

Selanjutnya dikatakan bahwa sudah dilaksanakan pembinaan di Kecamatan Ajibata seperti pelaksanaan gotong royong untuk menciptakan lingkungan yang bersih, penyuluhan pencegahan dan penurunan angka stunting.

Hasil penyuluhan IVA Test yang sudah dilaksanakan yaitu jumlah wanita usia subur yang mengikuti IVA Test sudah lebih dari 95 % tercapai 96,98 % dari 1127 tercapai 10932, peran PKK untuk menyosialisasikan pelaksanaan IVA Test ke kelompok Dasa Wisma kelompok Dusun dan seluruh Desa di Kecamatan Ajibata, pelaksanaan sosialisasi bahaya narkoba HIV AIDS bahaya kanker dan IVA Test oleh Dinas Kesehatan, Fasilitas Pelatihan IVA Test untuk Bidan di UPT Puskesmas Ajibata, imbauan Camat ke Gereja-Gereja supaya Ibu-Ibu wanita usia subur yang sudah menikah agar memeriksakan diri untuk IVA test dan didukung oleh Suami, dan kegiatan mini lokakarya stunting di Kecamatan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Selanjutnya bentuk pelayanan IVA Test pada Posyandu dan Puskesmas sudah ada juga di pojok IVA test di setiap Desa, anggaran dari APBD untuk mendukung IVA Test, media penyuluhan di Radio Pemkab Tobasa FM, media sosial dan slide pada setiap pertemuan, pelatihan IVA Test pada Kader, orientasi dan pelatihan tenaga kesehatan se- Kecamatan Ajibata oleh Dinas Kesehatan, dan penyuluhan dan menggerakkan masyarakat seperti kunjungan rumah kelompok Dasa Wisma.

Kemudian adanya Gebyar IBA Test di Kecamatan Ajibata, pemberian bibit cabai dari tim pengendali inflasi daerah, pemberian bantuan kepada wanita rawan sosial ekonomi berupa mixer dan oven dari Dinas Sosial, bantuan Kartu BPJS, KIP, dukungan kebijakan OPD terkait dan pemberian baju training kepada lansia oleh Dinkes.

Selanjutnya Ketua TP-PKK Kecamatan Ajibata Ny Lasma Wajon Sirait memaparkan kegiatan serta inovasi kegiatan IVA Test di Kecamatan Ajibata.

Menanggapinya Ketua Tim dari TP-PKK Provinsi Sumatera Utara, Delyana menekankan soal inovasi yang dilakukan. Ia memberi contoh hal inovasi, misalnya TP&PKK meminta kesediaan Bupati Toba menjadi Duta IVA Test. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai hal Pembinaan dari Tim.

Hadir dalam acara, Plt. Kadis PMD-PPA Rafles Sergius Gultom, Kadis Kesehatan Freddy Sibarani, Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar, Camat Ajibata Wajon Sirait, Forkopimcam Ajibata, Lurah dan Kepala Desa Se-Kecamatan Ajibata, Kepala Puskesmas, Tokoh Masyarakat dan Agama. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini