-->




Lumban Dolok, Desa di Silaen ini Wakili Toba Lomba PKK Kategori Aku Hatinya PKK

Lumban Dolok, Desa di Silaen ini Wakili Toba Lomba PKK Kategori Aku Hatinya PKK


๐Ÿ“† Jum’at, 31-Mei-2024_๐Ÿ•‘ 22.47 WIB

Silaen • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Memasuki kawasan Desa, disambut dengan keasrian alam yang didominasi pohon aren, bambu, kakao dan sejumlah tanaman liar layaknya Desa pada umumnya. Menuju Kantor Desa dengan jalan rabat beton terlihat dihiasi sejumlah umbul-umbul, tidak ada selembar sampah apapun di tepi jalan, hanya ada satu, dua daun bambu kering yang menghiasi badan jalan, menambah kesan Asri Desa. 

Pelepah dari pohon aren dicat warna-warni dan dijadikan pagar di sepanjang tepi jalan menuju Kantor Desa. Beberapa limbah ban bekas yang juga dicat warna-warni memberi rasa pandang yang indah. Di belakang Kantor Desa, terdapat lahan sempit yang ditanami sejumlah sayuran seperti bayam, cabai, kangkung, kacang dan sayuran lain. Ada juga sejumlah rempah dan bumbu dapur yang ditanami seperti jahe, kencur dan kunyit. Desa ini adalah Lumban Dolok, di Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba yang pada Jumat (31/05/2024), dikunjungi Tim Monitor PKK dari Propinsi Sumatera Utara. 

Desa ini menjadi perwakilan Kabupaten Toba untuk lomba PKK kategori Aku Hatinya PKK. Aku Hatinya PKK merupakan kepanjangan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman. Aku Hatinya PKK merupakan program yang menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan dengan tanaman-tanaman produktif berupa Apotik hidup, warung hidup maupun tanaman hias. Aku Hatinya PKK diharapkan dapat memberikan nilai lebih diantaranya untuk keindahan dan kenyamanan rumah tempat tinggal dan membantu peningkatan ekonomi masyarakat. 

Rombongan Tim Supervisi ini disambut oleh warga dan PKK Desa Lumban Dolok dengan Tarian Tortor Batak. Satu per satu Tim Supervisi yang didampingi oleh perwakilan Kabupaten Toba dan Kecamatan Silaen disematkan Ulos, hasil tenun Ibu-Ibu dari Desa Lumban Dolok yang tergabung dalam PKK.  

Di hadapan Tim Supervisi yang disambut di Balai Desa, Ibu-Ibu PKK Desa Lumban Dolok mempertontonkan Drama singkat untuk menyampaikan pesan betapa pentingnya kerjasama dalam keluarga untuk memanfaatkan pekarangan rumah menanam berbagai jenis sayuran, rempah dan tanaman lain. 

“Kita terus tekankan untuk menjaga kebersihan dan semangat gotong royong. Bukan hanya di Desa ini tetapi juga semua Desa yang ada di Kecamatan Silaen ini,” kata Camat Silaen, Tumpal Panjaitan. 

Sementara Sekretaris Desa, Antonius Tampubolon, dalam sambutannya mewakili Kepala Desa yang sedang mengikuti lomba Paralegal Juctice Award di Jakarta mewakili Sumatera Utara kategori Desa Sadar Hukum, menyampaikan sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh PKK di Desa mereka. 

“Jadi Bu, kalau tadi Ibu lihat halaman rumah di Desa kamu luas tetapi tidak ditanami, itu memang karena halaman rumah di Desa ini peruntukannya untuk menjemur padi pasca panen, sebab mayoritas warga Desa kami ini adalah petani sawah,” katanya. 

Meski begitu, dibeberapa sudut pekarangan seperti samping dan belakang rumah saat ini telah ditanami. 

“Ada yang tanam sayur, tanam cabai, tanam jahe dan tanaman lain,” katanya melanjutkan. 

Sementara Bupati Toba yang diwakili oleh Staf Ahli, Sahat Manullang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program Aku Hatinya PKK harus menjadi kebiasaan. 

“Ini memang hanya lomba. Tetapi jangan karena lomba, meski begitu kita bisa memulai dari lomba dan selanjutnya menjadi kebiasaan kita,” katanya. 

Selain menanami pekarangan rumah, Program Aku Hatinya PKK juga mengajak warga untuk memelihara ternak seperti ayam dan unggas dengan harapan akan menghasilkan telur dan daging, yang seminimalnya dapat memenuhi kebutuhan Protein Keluarga. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini