KPU Toba Luncurkan ‘Si Hasapi’ Sebagai Maskot Pilkada, Sampaikan Pesan Damai Untuk Pesta Demokrasi | Media Sergap -->

KPU Toba Luncurkan ‘Si Hasapi’ Sebagai Maskot Pilkada, Sampaikan Pesan Damai Untuk Pesta Demokrasi

 KPU Toba Luncurkan ‘Si Hasapi’ Sebagai Maskot Pilkada, Sampaikan Pesan Damai Untuk Pesta Demokrasi


📆 Rabu, 26-Juni-2024_🕑 21.22 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba menggelar Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Jingle dan Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba, Hotel Labersa, Balige, Rabu (26/06/2024). Acara ini dihadiri oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus serta jajaran Forkopimda, Ketua KPU Propinsi Sumut yang diwakili oleh Anggota KPU Sumut Sitori Mendrofa, Ketua dan Anggota Bawaslu Toba, Pimpinan Partai Politik yang ada di Kabupaten Toba, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, LSM dan para Insan Pers. 

Adapun Maskot Pilkada Toba tahun ini diberi nama 'Si Hasapi'. Design 'Si Hasapi' ini dilengkapi dengan dua senar dan tulisan kata 'Horas' dengan aksara batak, serta menyertakan logo KPU di bagian atas maskot. Makna Maskot Si Hasapi melambangkan kesiapan masyarakat Toba dalam menyambut pesta demokrasi, yaitu Pilkada serentak pada 27 November mendatang. Sedangkan logo KPU di menyerupai penutup kepala maskot mengartikan bahwa KPU akan menjunjung tinggi aturan yang berlaku dalam melaksanakan Pilkada. Sementara dua senar mengartikan kreatifitas dan harmoni, masyarakat Toba diharapkan dapat memilih Calon Bupati dan Wakil Bupati yang solid. Sedangkan kata Horas pada maskot merupakan ungkapan suka cita atas pelaksanaan Pilkada Toba tahun 2024, Pilkada ini juga diharapkan dapat berjalan baik dan damai. 

Sementara Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam sambutannya menyatakan bahwa kecapi atau hasapi yang menjadi maskot Pilkada tahun ini adalah simbol keindahan dan kedamaian. "Kalau kita dengar suara kecapi yang indah, penuh kedamaian. Kiranya Pilkada Toba tahun ini penuh dengan kedamaian," katanya. 

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Toba untuk datang ke TPS memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut serta Bupati dan Wakil Bupati Toba. "Ayo pilih sesuai dengan hati nurani kita masing-masing. Siapapun yang terpilih dan memimpin Toba ke depan, masyarakat harus bersukacita," katanya mengakhiri sambutan. 

Ketua KPU Toba, Sugar Fernando Sibarani dalam sambutannya juga memaparkan semua tahapan Pilkada mulai dari perencanaan hingga penetapan. "Secara garis besar tahapan Pilkada ini terbagi dua, yakni perencanaan dan pelaksanaan. Dalam hal ini kita juga telah melantik badan Adhoc Pilkada termasuk PPK, PPS, Pantarlih dan Sekretariat PPK serta PPS," katanya. 

Selain memaparkan tahapan Pilkada, peluncuran maskot dan jingle Pilkada ini juga ditandai dengan pemukulan gondang oleh Forkopimda dan Ketua KPU Sumut yang diwakili oleh anggota KPU Sumut Sitori Mendrofa, serta seluruh komisioner KPU Toba. Usai pemukulan gondang, KPU Toba selanjutnya mengumumkan pemenang lomba Jingle dan Maskot Pilkada. Jingle Pilkada yang diciptakan oleh Josep Humisar Hutapea dengan judul 'Jingle Pilkada Toba' berhasil menjadi juara pertama, sementara untuk maskot Pilkada Toba dengan nama 'Si Hasapi' dimenangkan oleh Rowley Pardede. (DS)

(Sumber: ©MC Toba / Kominfo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini