-->




Rutan Kelas Satu A Medan Laksanakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Rutan Kelas Satu A Medan Laksanakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila

📆 Sabtu, 01-Juni-2024_🕑 21.14 WIB

Medan • Sumut [mediasergap.com]⚖️🇮🇩

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan penuh semangat kebangsaan. Upacara yang berlangsung diikuti oleh seluruh petugas dan warga binaan sebagai bagian dari upaya menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Sabtu (01/06/2024).

Pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Mytrando Indra Tuju. Dalam sambutannya, Mytrando menekankan pentingnya Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pedoman Hidup Berbangsa dan Bernegara serta Pancasila sebagai Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Saya mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu-membahu, membumikan nilai-nilai pancasila dalam setiap aspek kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang, tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia dapat tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ujar Mytrando.

Dalam momentum ini, Mytrando Indra Tuju selaku Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Medan mengajak semua peserta Upacara untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rutan Kelas I Medan berlangsung dengan lancar dan penuh makna.

Semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila yang ditunjukkan dalam upacara ini diharapkan dapat terus dihayati oleh seluruh warga binaan dan petugas.

Dengan demikian, Rutan Kelas I Medan tidak hanya menjalankan fungsi pemasyarakatan, tetapi juga berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan semangat nasionalisme dan cinta tanah air. (m)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini