-->

Angin Puting Beliung Porak Porandakan 108 Rumah Penduduk Di Sergai

mediasergap.com | SERGAI - Angin puting beliung disertai hujan deras yang melanda kawasan Sei Bamban, ternyata berdampak cukup berat dengan porak porandanya 108 unit bangunan rumah warga dan Kilang Padi, di Dusun 15 dan Dusun 16 Kampung Jati Desa Sei Bamban, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (28/11/2020) sore.

Selain menghancurkan atap rumah, juga nyaris merobohkan bangunan Kilang Padi milik Aki di Desa Gempolan, dan padamnya aliran listrik di kawasan Sei Bamban hingga Sei Rampah hingga tengah malam.

Hasil pantauan awak media, pagi harinya, Minggu (29/11/2020) di lokasi terlihat warga yang rumahnya tidak terkena angin, bahu membahu melakukan evakuasi membersihkan rumah yang kupak kapuk diterjang angin puting beliung.

Ibu Najimah (47) warga Dusun 15 yang rumahnya hancur tak bisa ditinggali lagi, kepada Kapolres Sergai AKBP Robinson Simatupang yang mendatangi lokasi rumahnya, sembari menangis mengatakan, "kami tidak tau lagi kemana harus mengadu, pak. Saya seorang janda dengan 3 orang anak yang masih sekolah. Apakah kami selamanya menumpang di rumah famili? 

"Saat kejadian, yang di rumah hanya anak saya yang masih sekolah, saya masih di sawah mengambil upahan menanam padi", kata Najimah kepada Kapolres yang menanyainya.

"Ibu jangan khawatir, walaupun tidak seluruhnya bisa dibantu, tetapi kami bersama Pemkab Sergai akan membantu, untuk sementara ini kami ada sedikit membawa bantuan dan nanti melalui Kepala Dusun, Kepala Desa dan Camat akan disalurkan", jelas AKBP Robin.

Sementara rumah milik Edy Anggota Kodim 0204/DS yang berada di Dusun 15, termasuk katagori rusak berat, padahal rumah tersebut permanen dan merupakan gedung, tetapi angin puting beliung tak pandang bulu, buktinya rumah yang mempunyai 3 kamar, 1 kamar gudang dan ruang dapur, atap seng dan temboknya juga sebahagian runtuh.

Keterangan dari Camat Sei Bamban, Junimart Gultom di lokasi menjelaskan, hasil pendataan diperoleh data di Dusun 15 Kampung Jati ditemukan rumah yang rusak sebanyak 81 unit, dengan rincian 43 rusak berat, 26 rusak sedang dan 12 unit rusak ringan. Sedangkan di Dusun 16 Kampung Samben ditemukan 33 rumah yang mengalami kerusakan, dengan rincian 21 rusak berat dan 12rusak sedang.

Tampak membantu di lokasi, Tagana dari Dinsos Sergai, PjU Polres Sergai mendampingi Kapolres, Camat Sei Bamban, Junimart Gultom, Kades Sei Bamban, Fadli Lubis.(andy)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini