-->

Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Kualuh Meluap, Tanggul Jebol

mediasergap.com | LABURA - Puluhan rumah warga di Dusun Pangomoan, Desa Sialang Taji, Kecamatan Kualuh Selatan kebanjiran akibat curah hujan tinggi dan debit air Sungai Kualuh sangat deras sehingga tanggul Sialang Taji jebol hingga 4x14 meter, Sabtu (21/11/2020) sekitar pukul 11.00 WIB

Akibat curah hujan tinggi, sungai kualuh meluap mengakibatkan jebolnya tanggul yang terletak di Dusun Pangomoan Desa Sialang Taji, Sabtu (21/11/2020) sekitar pukul 01.00 WIB dinihari.

Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait, S.H, M.H, bersama Stakeholder (Danramil 01/AK, Kanit IK IPTU TM Ginting, Personil Bhabinkamtibmas Desa binaan), meninjau langsung lokasi terjadinya tangggul jebol di Dusun Pangomoan Desa Sialang Taji.

Saat dikonfirmasi awak mediasergap.com, Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait, S.H, M.H mengatakan," akibat jebolnya benteng, luapan air sungai Kualuh menggenangi pemukiman dan areal perladangan warga di Dusun Pangomoan," ungkapnya.

"Sabtu (21/11) siang sebanyak 14 rumah di Dusun Pangomoan Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan tergenang banjir, akibat tanggul yang jebol itu air memang belum masuk ke rumah warga, masih halamannya saja namun kita sudah siapkan perahu karet, hingga sore ini air sungai Kualuh belum surut," kata Sahrial Sirait.

"Prakiraan cuaca update peringatan Dini Cuaca Sumut, 21 Oktober 2020, ini masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang termasuk di Kabupaten Labuhanbatu Utara," tambahnya.

Sahrial Sirait meminta kepada masyarakat yang tidak jauh dari sungai agar waspada dan berhati - hati, "Apabila benteng itu tidak segera diperbaiki, sejumlah dusun lainnya di desa itu akan mengalami genangan air dari luapan sungai Kualuh," imbuhnya.(Mael Lee)


No comments:

Post a Comment

Berita Terkini