-->

Pohon Sawit di PTPN IV Kebun Berangir Dipenuhi Gulma

mediasergap.com | LABURA - Kondisi areal perkebunan sawit PTPN IV Kebun Berangir milik BUMN yang berlokasi di Kecamatan Na IX X Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sumut ini tak terawat dan dipenuhi gulma.

Hal ini terjadi akibat buruknya sistim pemeliharaan yang terlambat jadwal rotasinya. Sehingga tanaman sawit ditumbuhi gulma yang makin merajalela merambat meliliti batang pohon sawit di beberapa Afdeling kebun milik Negara tersebut.

Diketahui, Dirut PTPN IV ini pernah mendengungkan bahwa perkebunan sawit agar dilakukan pengelolaan yang baik mengikuti tatanan aturan sebuah perusahaan yang profesional.

Hasil investigasi di areal Afdeling 1 Kebun Berangir, Jumat (10/09/21) ditemukan di beberapa areal blok tanaman sawit dipenuhi semak belukar, bahkan ditemukan puluhan dan ratusan batang tanaman sawit masih produktif diliputi gulma dan benalu tanpa ada perawatan dalam menanggulangi gulma yang semakin merajalelanya meliliti pohon sawit.

Saat hal ini ingin dipertanyakan kepada Askep Kebun Berangir, Jumat (10/09/21), salah seorang satpam di pos jaga bermarga Siagian mengatakan, Senin saja datang pak,  sebab ini hari Jumat jadi kantor sudah kosong para staf kebun.

Ketika buruknya kondisi areal tanaman sawit produktif yang dipenuhi gulma ini di konfirmasikan kepada Apk Wira Pratama melalui pesan WhatsApp nya. "Terima kasih atas pemberitahuannya pak, besok kita sampaikan infonya," balas Wira. (Yans/red)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini