Kadiv Humas Polri Yang Baru Ternyata Bukan Jenderal Sembarangan, Namanya Brigjen Sandi, Ini Rekam Jejaknya | Media Sergap -->

Kadiv Humas Polri Yang Baru Ternyata Bukan Jenderal Sembarangan, Namanya Brigjen Sandi, Ini Rekam Jejaknya

 🗓️ Senin, 27-Februari-2023 [23.45]


Kadiv Humas Polri Yang Baru Ternyata Bukan Jenderal Sembarangan, Namanya Brigjen Sandi, Ini Rekam Jejaknya


Jakarta » mediasergap ⚖️🇮🇩

Kapolri mempromosikan Brigadir Jenderal Sandi Nugroho sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Polri dengan menggantikan Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo.

Sandi sebelumnya menduduki posisi sebagai Kepala Biro Pengkajian dan Strategi (Karojianstra) SSDM Polri. Sedangkan, Dedi akan mengemban jabatan baru sebagai Asisten SDM Kapolri.

Adapun promosi jabatan yang didapatkan Sandi tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor ST/498/II/KEP./2023. ST tersebut diteken oleh Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri pada 26 Februari 2023.

Sementara, Asisten SDM Kapolri sebelumnya, Inspektur Jenderal Wahyu Widada dipromosikan menjadi Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri menggantikan Komisaris Jenderal Ahmad Dofiri.

Selanjutnya, Dofiri dimutasi menjadi Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri dengan menggantikan Komisaris Jenderal Agung Budi Maryoto yang akan memasuki masa pensiun.

Berikut ulasan rekam jejak Sandi bersama Korps Bhayangkara: Peraih Adhi Makayasa Sandi merupakan Perwira Tinggi Polri kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, 1-Juli-1973.

Bersama Institusi Polri, Sandi sudah menorehkan tinta emas ketika Lulus dari Akademi Kepolisian (AKPOL) 1995.

Kala itu, Sandi di daulat sebagai Lulusan terbaik di angkatannya. Prestasi ini pun membuatnya berhak menerima penghargaan Adhi Makayasa. Setelah Lulus dari AKPOL, Sandi langsung bertugas di Polda Metro Jaya sebagai Perwira Pertama pada 1995.

Pada awal kariernya di Kepolisian, Sandi lebih banyak digembleng untuk urusan Reserse di Jakarta. Pada 1996, Sandi dipercaya menjadi Perwira Samapta Polres Metro Jakarta Pusat.

Setahun berikutnya, atau tepatnya pada Tahun 1997, Sandi menjalankan tugas sebagai Kepala Unit Reserse Intelijen Polsek Kebayoran Baru yang berada di bawah Wilayah Administrasi Polres Metro Jakarta Selatan. Selanjutnya, ia mendapat promosi menjadi Kepala Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Polres Metro Jakarta Selatan pada Tahun 1999.

Setelah berurusan di Bidang Reserse, Sandi ditunjuk menjadi Perwira Pertama Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian pada Tahun 2000 dan Perwira Pertama Polda Sumatera Utara pada Tahun 2002. Ketika bertugas di Sumatera Utara, ia menghabiskan waktu tujuh tahun penugasan dengan sejumlah Jabatan.

Berbagai Jabatan yang ia duduki selama Bertugas di Sumatera Utara meliputi :

  • Kapolsek Medan Labuhan (2002), 
  • Kapolsek Medan Baru (2003), 
  • Kanit II Satuan II Ditreskrim Polda Sumatera Utara (2004), 
  • Kasat Reskrim Polres Asahan, 
  • Kasat Reskrim Polresta Medan, dan 
  • Wakil Kepala Polres Pelabuhan Belawan (2007).

Berlahan naik Setelah menimba pengalaman di Sumatera Utara, Sandi kembali ke Jakarta dengan penugasan baru sebagai Perwira Menengah Polda Metro Jaya pada Tahun 2009.

Di tahun yang sama, ia berpindah jabatan menjadi Kepala Siaga C Pusdalops Ro Ops Polda Metro Jaya. Ketika menjadi Perwira Menengah inilah, karier Kepolisian Sandi berlahan naik.

Ia ditunjuk menjadi Kasat I/Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Tahun 2011 dan Kapolres Bandung, Jawa Barat pada Tahun yang sama. Pada 2012, ia ditunjuk menjadi Koordinator Staf Pribadi Wakil Kapolri.

Setahun berikutnya, ia dipercaya menjadi Wakil Dirreskrimsus Polda Metro Jaya. Karier Sandi pun kian moncer. Ia selanjutnya ditunjuk menjadi Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri (2015) dan Kasbudit I Dittipideksus Bareskrim Polri (2016).

Di tahun yang sama, Sandi kembali mendapat promosi sekaligus bernostalgia di Medan. Di Kota ini, kali ia menjabat sebagai Kapolrestabes Medan.

Berikutnya, Sandi diamanahkan menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri (2017), Kapolrestabes Surabaya (2019), dan Penyidik Tindak Pidana Utama Tk II Bareskrim Polri (2020).

Sandi kemudian menjabat sebagai Karojianstra SSDM Polri pada 2020 dan kini akan menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Di jabatan baru ini, Sandi otomatis akan naik pangkat menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) atau Jenderal Bintang Dua Polisi. (Maldon Pasaribu)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini