SMP N-1 Baureno Bojonegoro Menampilkan Seni Tari Wanitomo | Media Sergap -->

SMP N-1 Baureno Bojonegoro Menampilkan Seni Tari Wanitomo

 SMP N-1 Baureno Bojonegoro Menampilkan Seni Tari Wanitomo



🗓️ Rabu, 06-Sept-2023_🕙 08.40 WIB


BOJONEGORO • JATIM [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Negeri nusantara yang kaya dengan adat dan budaya adalah Negeri yang adiluhung dengan tatakerama, sopan santun dan juga keramahan masyarakatnya dengan berbagai kultur serta adat budaya yang dimiliki oleh setiap suku yang berbeda-beda.

Seperti halnya seni tari Wanitomo Bojonegoro yang ditampilkan oleh siswa siswi SMP N 1 Baureno, tarian ini mengisahkan  kemakmuran sewaktu  kepempimpinan Angling darma dizaman dahulu kala dan hingga saat ini.

Pesona kecantikan serta kelokan para penari  pun tiada banding, apalagi  untuk meragukannya, kembang-kembang elok negeri ini sedang menggerakkan badannya untuk memperagakan beksan atau tari-tarian.

Ada banyak jenis tarian yang sering ditampilkan di beberapa event, salah satunya adalah Tari Wanitomo Bojonegoro yang merupakan  kesenian tradisional serta menjadi bagian dari kekayaan seni dan budaya di negeri ini

Tarian indah ini diperagakan dengan elok dan mempesona oleh Generasi muda SMPN 1 Baureno Bojonegoro didalam event Bojonegoro expo 2023 disebuah wahana wisata di jantung kota Bojonegoro pada Selasa malam sekira pukul 20.00 WIB hingga usai. 

Generasi muda berbakat ini terus menunjukkan prestasinya dengan belajar seraya menampilkan keahliannya didalam menari sebagai bagian dari upaya pelestarian warisan budaya leluhur nenek moyang kita.

Lemah gemulai gerak penari wanitomo Bojonegoro yang di iringi tabuh gamelan tradisional Jawa sempat membius para penonton hingga suasana menjadi serasa sangat indah. Tidak sedikit dari para  penonton yang dibuatnya terkesima oleh olah gerak tubuh peserta tari wanitomo Bojonegoro yang terdiri dari 35 peserta yang semua dari anak-anak didik SMPN 1 Baureno Bojonegoro.

Dalam kesempatan tersebut, tamu undangan yang hadir tidak hanya dari lingkup sekolahan saja hadir pula kepala desa sekecamatan Baureno untuk menyaksikan tari wanitomo Bojonegoro.

Disisi lain Halim Mustar kepala sekolah SMPN 1 Baureno sangat mengapresiasi anak didiknya karena mau belajar seni tari Wanitomo Bojonegoro demi mengharumkan   nama sekolahnya.

"Jika tida kita bina, maka anak-anak sebagai penerus bangsa ini akan kehilangan jatidiri dan kehilangan khasanah budaya yang luhur ini," terang Mustar. selasa (5/9/2023)

Harapan kedepannya, masih menurut Mustar, dengan membina anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa ini akan semakin meningkatkan kesadaran mereka bahwa di negeri kita ini kaya akan budaya yang diwariskan oleh leluhur kita  didalam berbangsa dan bernegara.

Penciptaan tarian ini sekaligus sebagai wujud apresiasi dan upaya melestarikan kesenian tradisi yang nyaris punah. Pada perkembangannya, Tari wanitomo bojonegoro kemudian menjadi identitas atau ikon Kabupaten Bojonegoro. (Susilo)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini