-->




Polda Sumut Tambah Kekuatan Pengamanan

Polda Sumut Tambah Kekuatan Pengamanan

Kapolda Sumut), Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama Bupati Samosir Vandiko T Gultom, Kasdam I/BB Brigjen TNI Refrizal dan Rombongan Mengecek Langsung Pengamanan Venue Aquabike Jetski Danau Toba 2023 di Water Front City, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Selasa (21/11/2023). Foto: Humas Polda Sumut

📆 Rabu, 22-Nov-2023_🕑 22.45 WIB


Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara kembali menambah kekuatan Personil untuk mengamankan penyelenggaraan ajang Internasional Aquabike World Championship 2023 Danau Toba 2023. Polda Sumut menurunkan unit kapal yang mampu bermanuver tinggi di perairan.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, mengatakan kapal tersebut adalah milik Polairud Polda Sumut dan kini sudah berada di kawasan Danau Toba.

“Kapal terdiri 4 kapal C2 dan 4 RIB intercep dengan jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 28 orang. Kapal-kapal ini bertugas untuk mengawal perhelatan Aquabike Jetski di empat venue yaitu Pangururan, Tongging Dairi, Silalahi, Tanah Karo, Samosir sampai Balige,” kata Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (22/11/2023).

Hadi mengungkapkan, kapal tersebut memiliki beberapa peralatan canggih yang bisa mendeteksi masalah menggunakan Automatic Indentification System (AIS).

“Lalu memiliki kecepatan dan manuver tinggi serta peralatan GPS yang mampu mendeteksi kedalaman Danau Toba,” ungkapnya sembari berharap keberadaan kapal ini dapat menciptakan rasa aman dan nyaman saat berlangsungnya Aquabike Jetski 2023 di Danau Toba.

Sebelumnya, untuk memperkuat pengamanan selama berlangsungnya Aquabike Jetski Danau Toba 2023, Polda Sumut telah juga menurunkan Bus Command and Monitoring Center Direktorat Pengamanan Objek Vital (Dit Pamobvit). Diturunkannya Bus Command Monitoring Center itu karena memiliki desain teknologi canggih dalam melakukan monitoring pengamanan secara digital, terlebih untuk Event Internasional.

Bus tersebut telah dimodifikasi sebagai ruang posko dan monitoring dilengkapi perangkat computer all in one berukuran 70 inci (Monopod) kamera web, aplikasi monitoring operasi seperti SOT Presisi dan Early Warning System, full soundsystem serta toilet.

Bus Command Monitoring Center mampu memantau situasi di seputaran objek wisata yang diamankan dari jarak masimal 500 meter yang terhubung dengan kamera CCTV. Bus dilengkapi juga dengan lima unit Multi Terrain Balancing Wheel (Sigway) sebagai sarana patroli petugas polisi pariwisata berikut perlengkapan perorangan serta dua unit sepeda listrik.

Selain itu, Direktorat Pamobvit Polda Sumut juga menyiapkan dua unit kendaraan ATV sebagai sarana patroli personel polisi periwisata untuk memantau situasi keamanan selama berlangsungnya Aquabike Jetski Danau Toba mulai 22-26 November 2023. Serta penggunaan alat khusus X-Ray, security door dan metal detector sebagai alat sterilisasi pemeriksaan terhadap tamu maupun pengunjung saat memasuki venue pertandingan dalam mengecah terjadi aksi teror. (Sri)


Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini 👇

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo – Usman Kansong  (0816785320).

Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini