Pematangan Program, DPN LKLH Gelar Rapat Bersama 2 KTH Kubu | Media Sergap -->

Pematangan Program, DPN LKLH Gelar Rapat Bersama 2 KTH Kubu

 Pematangan Program, DPN LKLH Gelar Rapat Bersama 2 KTH Kubu


📆 Kamis, 07-Des-2023_🕑 19.20 WIB


Rohil • Riau [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Untuk Pematangan Program, Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (DPN LKLH)  bersama Beberapa Pengurus Kelompok Tani Hutan KTH Mangrove Santosa dan KTH Mangrove Lestari Kecamatan Kubu Kabupaten Rohil Riau menggelar Rapat dalam Rangka Pemantapan dan Pematangan persyaratan administrasi dalam pengajuan usulan kepada pihak-pihak terkait untuk dijadikan agenda kerja para KTH pengusul serta agenda kerja Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) yang akan mengajukan kerjasama kepada Pemerintah.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Rapat Ar-Rahman Lt. 2 Pekan Baru. Pada hari Rabu 6 Desember 2023. Hadir dalam acara itu, Darwin Marpaung Direktur Investigasi dan Litbang Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup, Sulaiman Ketua Kelompok Tani Hutan Mangrove Santosa M. Fendi Ketua Kelompok Tani Hutan Mangrove Lestari, Sofyan Tan Pendamping Teknis KTH Mangrove Lestari dan KTH Mangrove Santosa. Hadir juga sejumlah warga yang berdomisili di Kabupaten Rokan Hilir. 

Darwin Marpaung, selaku Direktur Investigasi dan Litbang Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (DPN LKLH) pada media ini mengatakan, sesuai dengan hasil Koordinasi kepada para Petinggi (DPN -LKLH) yang telah kita laksanakan pada beberapa waktu yang lalu di Jakarta dan Medan bahwa fokus langkah-langkah Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup ialah melakukan pendampingan kepada para masyarakat terkhusus masyarakat orang perseorangan berbadan hukum yang tergabung dalam perkumpulan baik itu koperasi Kelompok Tani maupun lainya, dan juga pelaku usaha yang berbadan hukum. 

Pada pertemuan kali ini kita bersama beberapa Kelompok Tani Hutan yang berada di Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau melakukan pematangan dan rapat pembahasan tentang Manajemen Organisasi Kelompok Tani Hutan dan langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang. 

Adapun rapat yang kita lakukan terkait langkah-langkah kerja yang akan terbagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Langkah Kerja masa Pendek,
  2. Langkah Kerja jangka Menengah kemudian 
  3. Langkah Kerja jangka Panjang. 

Adapun langkah kerja jangka pendek ialah pembenahan administrasi kelembagaan (Kelompok/Perkumpulan) mulai legalitas lembaga keanggotaan dan pengurus serta hal lainnya yang dianggap perlu. 

Adapun langkah menengah ialah mengenai Sarpras kelembagaan mulai dari Sekretariat Kantor, transportasi dan pelaksanaan pelatihan-pelatihan kepada pengurus kelompok dan anggota baik itu management administrasi legalitas kelembagaan maupun keuangan dan hal lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan kelompok serta membangun kordinasi kepada pemangku kebijakan Pemerintah baik dari Tingkat Desa Kecamatan, Provinsi dan hingga ke Tingkat Pusat. 

Adapun bagian ketiga ialah langkah kerja jangka panjang, ialah setiap organisasi yang dibentuk harus memiliki tujuan positif yang berdampak kepada kesejahteraan masyarakat khususnya bagi kelompok itu sendiri.

Adapun langkah kerja jangka panjang ialah kita akan sinergikan dengan regulasi yang di atur oleh Pemerintah. Saat ini Pemerintah telah banyak membuat program yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Nah, untuk mengaplikasikannya dibutuhkan Sumberdaya Manusia yang siap berjibaku dalam menjalankan segala sesuatu hal yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan membantu Pemerintah dalam merealisasikan program yang telah ditetapkan.

“Tak hanya itu kita juga akan membuat pelatihan-pelatihan kepada masyarakat yang tergabung dalam kelembagaan dan kelompok. 

Dalam hal ini kami sangat berharap kepada berbagai pihak untuk turut serta bersama kita dalam menjalankan apa-apa yang telah kita rencanakan di dalam agenda langkah kerja.

Dalam hal ini kami sangat merasa berterimakasih kepada Masyarakat yang tergabung di dalam kelembagaan kelompok maupun perseorangan yang mempercayai kami sebagai pendampingnya. 

Disamping itu, kami juga mengharapkan kepada berbagai pihak untuk menyampaikan saran dan pendapat nya kepada kami yang bersifat membangun kebaikan pada langkah-langkah Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup agar Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup lebih dicintai oleh masyarakat dan lebih dipercaya oleh Pemerintah dalam melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk pembangunan agar Negeri yang kita Cintai ini bertambah maju dan kuat dan hebat di mata Negara lain. 

Saat di konfirmasi Media ini Ketua Kelompok Tani Mangrove Santosa Sulaiman di dampingi Ketua M.Fendi menyebutkan, dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup kami merasa terbantu baik secara administrasi dan hal lainnya.

“Kami berharap kepada Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup kiranya senantiasa dapat mendampingi kami dalam menjalankan roda kelompok ini serta dapat mensinergikan kegiatan kelompok dengan program-program Pemerintah” ungkapnya.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup yang telah mau meringankan langkah dan menuangkan pikirannya demi untuk kemajuan masyarakat Teluk Piyai yang tergabung di dalam Kelom Tani Hutan Mangrove Lestari dan Kelompok Tani Hutan Mangrove Santosa. Semoga apa yang telah terbangun ini dapat bermanfaat untuk masyarakat dan Pemerintahan”, tambah Sulaiman. (SY)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini