-->

Sibodiala, Puncak di Toba Sajikan Pemandangan Indah dan Istimewa

 Sibodiala, Puncak di Toba Sajikan Pemandangan Indah dan Istimewa


📆 Senin, 25-Mar-2024_🕑 11.52 WIB

Balige • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Sibodiala, salah satu puncak bukit di Desa Silalahi Pagar Batu, Balige, Kabupaten Toba, Sumut, kini menjadi lokasi wisata baru yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata Dusun II Sibodiala Pature Torus di Toba. Puncak bukit ini menyajikan pemandangan 360 derajat. 180 derajat dari Timur-Selatan-Barat menyajikan pemandangan hutan pinus, perbukitan, perkampungan hingga perkebunan warga. Sebaliknya, 180 derajat disisi Timur-Tenggara-Barat menyajikan pemandangan suasana Kota Balige, Danau Toba hingga Areal Persawahan. 

Menuju lokasi ini, pengunjung harus membawa kendaraan pribadi dari Balige, baik sepeda motor maupun mobil. Rutenya bisa dimulai dari Soposurung menuju Simpang Silalahi Dolok, dan melanjutkan perjalanan menelusuri lereng bukit hingga tiba di gerbang perkampungan Sibodiala, dari gerbang kampung itu, cukup melihat ke arah Selatan dan terus melanjutkan perjalanan. Tidak perlu waktu lama, dari Balige hingga tiba di lokasi hanya membutuhkan waktu ± 20 menit. 

Kemarin, Minggu (24/03/2024), Bupati Toba, Poltak Sitorus bersama Ketua TP-PKK Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus bersama Sekretaris Daerah, Drs. Augus Sitorus dan sejumlah Pejabat OPD mengunjungi lokasi Wisata Paralayang ini. Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus menyatakan kekagumannya saat tiba di lokasi, menikmati pemandangan alam yang sangat istimewa di bawah. 

“Ini Mahakarya Tuhan dan Tidak ada duanya,” katanya.

Tidak jauh berbeda dengan kesan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, Drs. Augus Sitorus. “Satu kata: Amazing,” katanya seolah tidak mampu menggambarkan keindahan pemandangan dari puncak Sibodiala. 

Bupati Toba, Poltak Sitorus juga menyempatkan diri berbincang dengan Jonni Sirait, Atlet Paralayang Toba dan rekan-rekannya yang saat itu bersiap untuk terbang menikmati langit Balige. 

“Tahun 2025 kita upayakan beli ini (Parasut Paralayang). Jadi nanti anak-anak Toba bisa berlatih, apalagi kalau banyak yang minat," katanya. 

Sejak beberapa pekan terakhir, lokasi ini ramai dikunjungi warga sekitar. Mereka tidak hanya sekadar menikmati pemandangan alam, namun juga untuk melihat aksi para Atlet Paralayang yang untuk terbang. 

Sebelum meninggalkan lokasi, Bupati Toba bersama Istri menyempatkan diri menanam pohon durian di lokasi tersebut. Beliau juga menyempatkan diri mengunjungi Batu Basiha yang tidak jauh dari lokasi. Batu Basiha adalah tumpukan lava yang berubah menjadi batu dan ditaksir telah berusia ratusan ribu tahun. Tumpukan batu ini mirip balok yang tersusun rapi dan kini juga menjadi salah satu tujuan wisata di Toba. (DS)

(Sumber: MC Toba /Kominfo Toba)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini