-->




Pasien TB/TBC (Tuberculosis) Maret 2023 Berhasil Diobati Sebanyak 13.052 Kasus dari 18.000 Pasien

 Pasien TB/TBC (Tuberculosis) Maret 2023 Berhasil Diobati Sebanyak 13.052 Kasus dari 18.000 Pasien


📆 Selasa, 30-April-2024_🕑 12.17 WIB

Medan - Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan menargetkan 18.000 kasus pasien TB/TBC (Tuberculosis) untuk dapat diobati hingga sembuh. Dari target tersebut sebanyak 3.883 kasus yang sedang diobati.

“Data tersebut tercatat sampai Maret 2024 ini,” kata Kepala Dinkes Medan melalui Sekretaris Dinkes Medan, Edi Subroto kepada wartawan, Senin (29/4/24).

Berbagai usaha dilakukan pihaknya, salah satunya melakukan jejaring dengan layanan TB swasta. Lalu di rumah sakit, klinik dan dokter praktek mandiri.

Sehingga pasien TB terintegrasi dan terlapor ke aplikasi nasional Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB) sehingga mendapatkan obat gratis dari Kementerian Kesehatan.

“Kalau di tahun 2023 itu kita targetkan juga 18.000 kasus juga dan yang berhasil diobati ada sebanyak 13.052 kasus,” ujarnya.

Dalam penyampaianya Edi Subroto mengatakan penyebab TBC adalah kuman Mikobakterium Tuberculosis yang bisa tertular lewat bicara, batuk dan bersin.

"Juga pada mereka yang rentan tertular TB yaitu mereka yang kontak langsung dengan pasien TB, tinggal serumah, batuk tak kunjung sembuh, pasien diabetes, pasien HIV, perokok berat dan penyebab penyakit lainnya,"jelas Edi.

Dimana saat ini dinas kesehatan Medan telah meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dalam pelayanan pasien melalui sosialisasi, pelatihan, dan pembinaan dalam pelayanan TB standarnya kementerian kesehatan ditambah lagi dengan sistem ACF aktif Case Finding suspek dan foto ronsen kemasyarakat yang terindikasi TB/TBC (Tuberculosis). (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini