-->




BPBD Kabupaten Lebong Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam di Desa Ujung Tanjung III Kecamatan Lebong Sakti

BPBD Kabupaten Lebong Melaksanakan Kegiatan Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam di Desa Ujung Tanjung III Kecamatan Lebong Sakti


📆 Kamis, 30-Mei-2024_🕑 21.01 WIB

Lebong • Bengkulu [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Awak Media Sergap kunjungan langsung ke Balai Desa Ujung Tanjung III Lebong Sakti Kabupaten Lebong hadir langsung Kepala BPBD TANTONI, S.P, beserta Staf BPBD, Camat Lebong Sakti beserta Staf  Kepala Desa Ujung Tanjung III beserta Perangkat Desa BPD berserta Anggota, Tripika Lebong Sakti dan Unsur Masyarakat dalam kata sambutan Kepala Desa mengucapkan Syukur Alhamdulillah Desa Ujung Tanjung III dapat Kegiatan Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam (KATANA) harapan saya selaku Pjs. Kepala Desa Ujung Tanjung III kepada Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak dapat menyimak dari narasumber semua, Kamis (30/05/2024).

Meteri yang diberi langsung kepada kita masyarakat Ujung Tanjung III dan masyarakat sekitar yang terdampak banjir bandang selagi kita ingat bencana ini akan datang kita harus waspada dan tenang menerima bencana itu sudah takdir yang tidak bisa kita tolak bencana ini pasti jelas ada kita tidak tahu kapan datangnya. Pembuka kegiatan Pelatihan Keluarga Tanggap Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Lebong kegiatan tersebut dibuka langsung Tantoni, S.P, sebagai Kepala BPBD Kabupaten Lebong dengan kepesertaan ± 56 peserta.

Penyampaian-penyampaian dalam kegiatan tersebut yakni: 

  1. Kegiatan pelatihan keluarga Tanggap bencana alam Tahun 2024 diharapkan nanti peserta pelatihan sudah mendapatkan informasi dalam tanggap bencana alam bisa menjadi agen informasi terhadap masyarakat yang lainya,
  2. Kunci dari keluarga Tanggap bencana (KATANA) adalah adanya Patnership /Kemitraan antara lintas sektor katana bukan hanya milik BPBD tetapi program bersama baik di Pemerintahan maupun Pemangku kepentingan lainnya.
  3. Ada Tiga Tahapan dalam Katana
    1. Sadar resiko bencana mengetahui dan sadar resiko bencana dilingkungannya,
    2. Pengetahuan mengetahui dan memperkuat struktur bangunan dan paham manejemen bencana dan edukasi bencana,
    3. Berdaya mampu menyelamatkan diri sendiri keluarga dan tetangga.
  4. Keluarga  memiliki peran penting dalam pengurangan resiko bencana kerena keluarga struktur masyarakat kecil pertama yang memberikan sosialisasi kepada setiap anggota keluarganya dapat memberikan sosialisasi pendidikan bencana sejak dini terutama terhadap anak-anak remaja.

Sosialisasi kegiatan Tanggap Bencana ini akan diterangkan Narasumber bencana alam nanti, tegas Kepala BPBD Kabupaten Lebong himbauan saya Kepala BPBD sebagai penyambung lidah dampak bencana alam banjir bandang banyak Bronjong di bantaran air sungai Ketahun ini adalah kegiatan Provinsi kita tidak bisa mengambil alih pemasangan Bronjong itu adalah aset Pemerintah Provinsi itu yang dapat saya sampaikan kepada keluarga kita di sepajang bantaran sungai air Ketahun. (Darmadi)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini