-->




Diduga Desa Liat Tondung Kecamatan Nassau Penyalahgunaan Anggaran Dana Desa

Diduga Desa Liat Tondung Kecamatan Nassau Penyalahgunaan Anggaran Dana Desa


📆Senin, 03-Juni-2024_🕑 19.25 WIB

Nassau • Toba Sumut [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Diduga kuat penyalahgunaan Anggaran Dana Desa Tahun 2023, Senin 03-Juni-2024, pukul: 12.00 WIB sampai selesai, awak media turun langsung ke lapangan meninjau letak bangunan yang dilaporkan oleh Warga Desa Liat Tondung, Kecamatan Nassau Kabupaten Toba, Kegiatan Pembangunan Saluran Irigasi (Tali Air).

Ternyata setelah ditindak lanjuti ke lokasi memang benar, bangunan saluran irigasi sungai ini dikelola oleh TPK Tahun Anggaran 2023, tidak memenuhi syarat yang mana pondasi dari bangunan sudah terkikis habis oleh air. Menurut laporan Warga Dusun Hutagodang Desa Liat Tondung setempat bahwasanya pengalian pondasi bangunan kurang dalam, atau tidak sesuai dengan gambar bangunan dengan volume panjang bangunan ± 102 meter dengan Rincian Dana ± Rp. 197.429.200,-. Bangunan ini tidak memakai tulang besi, bangunan sudah pada retak-retak sebentar lagi bangunan akan roboh. Demikian pula juga halnya Pak, Anggaran Dana Desa Tahun 2021 sampai Tahun 2023 ini tidak jelas peruntukannya yang dimana sebelumnya menjabat Kepala Desa Liat Tondung saat itu Hutler Tambunan, paparnya.

Dan awak media turun langsung ke Kantor Desa Liat Tondung, untuk mempertanyakan kepada Kepala Desa, dan beliau tidak berada di Kantor, dan mencoba untuk komunikasi dengan Sekdes, dan beliau juga tidak masuk ke Kantor, dan mencoba untuk komunikasi dengan Kasi Pemerintahan beliau juga tidak masuk ke Kantor, dan hanya beberapa Perangkat Desa yang masuk Kantor, mengatakan, kami kurang berkompeten untuk menjawab pertanyaan Bapak, sebaiknya besok saja datang Pak, ungkap para Perangkat Desa Liat Tondung tersebut pada awak media.

Dengan rasa kecewanya para media ini turun ke Kantor Desa tanpa ada jawaban Petugas Desa. Dan setelah diperjalanan menuju kembali jumpa dengan Sekdes Liat Tondung, dan media meminta keterangan tentang bangunan tersebut, dan hasilnya kurang memuaskan, kemudian awak media mengatakan kami akan membawa Bangunan dugaan korupsi ini ke ranah Hukum yang lebih tinggi, tutupnya. (Rel/Tim)

(Sumber: Kompas TV 86 Kabupaten Toba)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini