RATUSAN HEKTAR PROYEK T.U PTPN III M.MUDA KURANG DIKONTROL ASISTEN AFDELING | Media Sergap -->

RATUSAN HEKTAR PROYEK T.U PTPN III M.MUDA KURANG DIKONTROL ASISTEN AFDELING

 📆Minggu, 16-Oktober-2022 [22.51]

RATUSAN HEKTAR PROYEK T.U PTPN III M.MUDA KURANG DIKONTROL ASISTEN AFDELING


Labura • Sumut » mediasergap ⚖️🇮🇩

Ratusan hektar pelaksanaan paket proyek tanaman ulang (TU) 2022 yang dilaksanakan oleh 4 rekanan pemborong yakni PT Mutiara Bulan Sejahtera  PT. Andhika Perkasa Abadi, PT Rizky Putra Tunggal dengan titik lokasi kerja di areal Afdeling 3 PTPN III kebun M.Muda Kabupaten Labuhan Batu Utara Sumut dinilai kurang mendapat kontrol pengawasan dari Asisten Afdeling tersebut yang sebelumnya pernah bermasalah juga dengan TU tahun sebelumnya.

Seperti diketahui Suwandi diangkat menjadi Asisten bukanlah dari Sarjana Pertanian atau Tingginya Prestasi yang dicapai tapi menurut informasi karena ada kedekatan dengan Petinggi Kantor Pusat.

Terpantau, buruknya kondisi lapangan pengelolaan areal tanaman hasil reflanting tanaman pohon sawit tua ini tidak terlepas dari buruknya pengetahuan dan kedisplinan sang Asisten yang bernama Suwandi ini.

Menurut informasi dalam ia jarang bisa ditemui di lapangan dalam mengontrol mekanisme dan mutu hasil kegiatan para pekerja pemborong di areal yang menjadi tanggung jawabnya.

Seperti hasil investigasi lapangan yang dilakukan oleh Media Sergap Sabtu (15/10/2022), terlihat para pekerja penanaman kacangan tidak ditemui Mandor ataupun Asisten yang mengawasi sehingga secara asal menanam tanpa ada jarak tanaman benih kacangan yang sebenarnya.

Begitu juga areal yang baru ditanami bibit kacangan secara lajur titik tanam sudah dilakukan peracunan yang bakal berdampak pada kesehatan tanaman  kacangan bahkan para pekerja tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dari aturan pelaksana kerja.

Mirisnya, tak satupun pihak Pengawas Afdeling baik Mandor maupun Asisten yang ditemui di lapangan kegiatan.

Ketika ditanya kepada para pekerja dimana Asisten dan Mandor yang mengawasi pekerjaan mereka mengatakan belum ada datang Pak.

Begitu juga pekerja peracunan menepis keberadaan Mandor peracunan dan Asisten tidak ada kemari Pak.

Setelah berkeliling yang ditemui hanya kenderaan KLX kebun yang digunakan karyawan yang bukan Mandor.

Usut punya usut dilapangkan ternyata informasinya Asisten Suwandi sudah pulang kampung ke Kisaran pada jam Dinas.

Ketika hal buruknya hasil kegiatan TU ini dan ketidak beradaannya dilapangkan saat jam kerja dikonfirmasikan kepada Asisten Suwandi ini Via Whatss appnya Sabtu (15/10/2022), tiba-tiba wa Media Sergap di blokir sang Asisten.

Saat masalah lapangan tidak adanya Asisten untuk mengawasi kegiatan serta terpantau buruknya areal kerja baik mekanisme dan para pelaksana mutu kerja dinilai tidak sesuai dengan aturan pada perkebunan Negara hal ini dimintai keterangan nya kepada salah satu orang lapangan rekanan bermarga Ginting via WA nya, tidak juga  membalas. (ST)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini