-->




Pengadilan Tinggi Medan Apresiasi Tema Pelantikan KAUM Sesuai Pola Peradilan Masa Depan

 ๐Ÿ—“️ Sabtu, 25-Februari-2023 [20.45]

Pengadilan Tinggi Medan Apresiasi Tema Pelantikan KAUM Sesuai Pola Peradilan Masa Depan


Medan | Sumut » mediasergap ⚖️๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan mengatakan, bahwa Tema Pelantikan Korps Advokat Alumni UMSU (KAUM) sesuai Pola Peradilan masa depan.

Karenanya, Ketua Pengadilan Tinggi ( PT) Medan, diwakili Agus Rusianto mengapresiasi Tema yang diusung pada pelantikan KAUM.

Sedangkan Tema Pelantikan KAUM tersebut adalah : ‘Mewujudkan Korps Advokat Alumni UMSU yang Profesional, Kapabel dan Berintegritas di Era Digital untuk Mengawal dan Menegakkan Hukum yang Berkeadilan’.

“Terus terang, saya sangat gembira. Apalagi Tema Pelantikan KAUM ini sesuai role model pola peradilan masa depan,” ujar Agus Rusianto ketika di daulat memberi sambutan pada pelantikan KAUM di Hotel Madani, Medan, Sabtu (25/02/2023).

Kendati demikian, kata Agus Rusianto, tema yang diusung tersebut sejatinya adalah tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

“Semakin kompleksnya masalah penegakan hukum di Indonesia dan perkembangan teknologi telah menawarkan sejumlah tantangan terhadap peran profesi advokat. Mudah-mudahan, KAUM dapat melaksanakan apa yang diusung dalam tema pelantikan ini,” sebut Agus Rusianto.

Sebelumnya, Ketua KAUM, Surya Wahyu Danil menyampaikan apresiasi kepada para tamu undangan yang hadir pada pelantikan KAUM.

Menurutnya, tema pelantikan ‘Mewujudkan Korps Advokat Alumni UMSU yang Profesional, Kapabel dan Berintegritas di Era Digital untuk Mengawal dan Menegakkan Hukum yang Berkeadilan’ memang sengaja diusung karena sesuai dengan kondisi terkini.

"Gagasan ini muncul untuk menjawab kondisi kekinian yakni era digitalisasi dalam kaitan profesionalitas penegakan hukum di Indonesia saat ini," kata Wahyu Surya Danil.

Tantangan itu sendiri, lebih lanjut dijelaskan Wahyu Surya Danil, terletak pada soal dimilikinya kemampuan teknis hukum yang harus mumpuni.

“Di samping itu, advokat juga perlu memperhatikan soal integritas dan kemampuan memahami Perkembangan Bisnis, Teknologi dan Politik. Advokat yang memiliki kemampuan teknis hukum yang baik dan integritas tinggi akan mampu bertahan menghadapi tantangan tersebut,” kata Wahyu Surya Danil.

Sementara itu, Dewan Penasehat KAUM, Zakaria Rambe menyampaikan, perkumpulan advokat Alumni UMSU ini lahir sebagai tuntutan untuk menjawab perkembangan zaman.

Kemudian, KAUM ini juga terbentuk sebagai tempat atau wadah silaturahmi advokat alumni UMSU.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelantikan KAUM, Agum Gumilar menyampaikan apresiasi sekaligus terimakasihnya kepada para tamu undangan yang hadir seperti tokoh masyarakat, pemuka agama, ormas dan beberapa organisasi advokat.

“Dan semua pihak yang telah terlibat dan membantu hingga suksesnya acara pelantikan KAUM ini,” kata Agum Gumilar.

Selain Agus Rusianto selaku mewakili Ketua Pengadilan Tinggi Medan, tampak hadir di antara lain sejumlah tamu undangan seperti Tokoh Masyarakat Sumut, Rahudman Harahap.

Kemudian, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Agussyah R. Damanik, Ketua Majelis Ulama Sumut dan Kota Medan, Perwakilan Pers, Rianto Aghly (JMSI-PWI), Firdaus Hutasuhut (LBPH Soksi) dan beberapa unsur undangan lainnya.

Sedangkan prosesi pelantikan ditandai dengan pembacaan nama-nama jajaran pengurus KAUM dan penyerahan pataka yang diberikan oleh Penasehat KAUM, Zakaria Rambe. (Yans)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini