-->




Kegiatan Bimtek Aplikasi RAB Pembangunan Desa Bagi Aparatur Desa Se-Kabupaten Deli Serdang Tahap I

 Kegiatan Bimtek Aplikasi RAB Pembangunan Desa Bagi Aparatur Desa Se-Kabupaten Deli Serdang Tahap I


🗓️ Senin, 07-Agust-2023_🕙 10.49 WIB


mediasergap.com | MEDAN » SUMUT ⚖️🇮🇩

Digelarnya kegiatan Training dan Edukasi Aplikasi Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Desain Pembangunan Infrastruktur Desa dengan tujuan agar pemerintah desa dapat dengan mudah membuat RAB dengan sendirinya.

Firmansyah, S.Kom.Linux+ selaku Direktur Program dari Lembaga Pusat Konsultasi Pemerintahan Daerah (PKPD) bekerja sama dengan pemerintah desa se-kabupaten Deliserdang menjelaskan dalam kegiatan ini "kami memberikan sebuah edukasi aplikasi kepada aparatur pemerintah juga melihat selama ini aparatur desa selalu menggunakan jasa pihak ketiga dan dalam tenggang waktu yang lama,"jelasnya.

Kegiatan Training dan Edukasi aplikasi RAB pembangunan desa bagi aparatur desa se-kabupaten Deli Serdang dibagi dalam bertahap, dan diikuti oleh 100 desa yang pesertanya berasal dari aparatur desa yang ada se-kabupaten Deliserdang.

Sebagai contoh ingin membuat jalan rabat beton atau pembangunan, disini perangkat desa hanya cukup mengukur, memasukan panjang, dan lebar jalan juga ketebalannya. 

Dimana, saat ini dengan 60 model konstruksi yang dapat dikerjakan untuk tingkat perangkat desa. Apalagi ditambah dengan standar perhitungan yang ada akan jadi secara otomatis.

"Juga dengan perhitungan aturan Kementerian PUPR No 1 Tahun 2022 dan disini kami juga menggunakan ahli sipil dari universitas serta tim teknis dari programer,"tegasnya.

Agar dapat memudahkan semua aparatur pemerintah desa kabupaten Deliserdang dalam menghitung RAB pembangunan di desanya. Untuk acara kegiatan berlangsung tanggal 05-08 Agustus 2023 di Hotel Radisson Jl. H. Adam Malik No.5, Sekip, Kec.Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dengan Nara Sumber yang berkompeten Tim Teknis Aplikasi RAB Pembangunan Desa:

  1. Dr.Eng.Ardy Arsyad, ST, M.Eng SC
  2. Ir.Evi Aprianti, ST, P.hD
  3. Ir.H.Abdul Muthalib

Aplikasi yang diberikan ini, di kembangkan oleh Programer PKPD bersama tenaga Ahli yang berpengalaman serta akan di ajarkan oleh Narasumber yang berkompeten dibidangnya baik itu terdiri dari Dosen, dan Praktisi maupun ahli konsultan.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini dan meningkatkan kemampuan peserta dalam keterampilan,setelah pelatihan edukasi aplikasi RAB pembangunan desa nantinya aparatur desa bisa dapat dengan mudah membuat  RAB didesa se- kabupaten Deli Serdang sendirinya dengan cepat, akurat, dan efisien"tutupnya. (Roni)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini