-->




Terima Keluh Kesah Warga, Polda Kaltim Gelar Jum‘at Curhat

 Terima Keluh Kesah Warga, Polda Kaltim Gelar Jum‘at Curhat


🗓️ Jum‘at, 20-Okt-2023_🕙 13.34 WIB


Balikpapan - Kaltim [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Polda Kaltim kembali mengadakan kegiatan pertemuan dengan masyarakat bertajuk “Jumat Curhat” guna menyerap aspirasi masyarakat secara langsung, Jumat (20/10/2023).

Kegiatan Jumat Curhat yang di gelar di Kantor Kecamatan Balikpapan Kota tersebut dipimpin oleh Dirbinmas Polda Kaltim Kombes Pol Anggie Yulianto Putro, S.H, S.I.K, M.H, CPHR, didampingi oleh Wadirbinmas Polda Kaltim, Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Kaltim, Kasi Turjawali Samapta Polda Kaltim, Kasubdit Gakkum Polairud Polda Kaltim, Subdit III Tipikor Reskrimsus Polda Kaltim, Kasat Binmas Polresta Balikpapan, Camat Balikpapan Kota, Lurah Balikpapan Kota, Lurah Prapatan dan Perwakilan Siswa/Si SMK Panca Darma Balikpapan.

Dalam sambutannya, Dirbinmas Polda Kaltim mengharapkan “Jum’at Curhat” bukan hanya menjadi wadah bagi masyarakat untuk berbicara, tetapi juga menjadi platform bagi aparat kepolisian untuk mendengarkan aspirasi, kebutuhan, serta keluhan masyarakat secara lebih mendalam.

Di samping itu, kegiatan ini juga menggambarkan kolaborasi antara polisi dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan, sambil memperkuat sinergi yang erat guna mengatasi berbagai permasalahan yang ada, tutupnya.

Terdapat pula salah satu pelajar yang hadir dalam jumat curhat tersebut bertanya perihal tentang anak-anak remaja sering ngumpul hingga balapan liar di wilayah lapangan Merdeka.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Kasubdit Kamsel Dit Lantas Polda Kaltim menjawab bahwa penyebab remaja melakukan balap liar dijalan raya adalah kondisi keluarga, kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, status sosial ekonomi orang tua yang rendah, pengaruh teman sebaya, dan juga penerapan kondisi keluarga yang tidak tepat, jadi peran keluarga diutamankan jadi anak belum waktunya bawa kendaraan jangan di kasih. Satuan Samapta Polresta Balikpapan sudah melaksanakan kegiatan patroli malam untuk mengantisipasi balap liar.

Tak hanya itu, salah satu warga menanyakan perihal belum meratanya keberadaan polisi RW, Jadi Tolong Polisi Rw nya Dipercepat Apalagi Mendekatin Pemilu.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Wadir Binmas Polda Kaltim menjawab bahwa Program Polisi RW dibentuk bertujuan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dalam melayani, mengamankan dan menjaga Kamtibmas. "Program Polisi RW ini adalah petugas polisi yang bertugas di semua fungsi yang berbasis di wilayah tempat tinggalnya. Untuk Wilayah Kalimantan Timur memang belum merata untuk saat ini.

Salah satu masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan Jumat Curhat ini. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi, menyampaikan aspirasi, dan mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Sebelum mengakhiri kegiatan, Wadir Samapta Polda Kaltim juga mensosialisasikan Hotline 08115421990 yang terhubung langsung kepada Kapolda Kaltim, dan nomor Call Center 110 bagi masyarakat yang mengetahui tindak kejahatan dan membutuhkan bantuan segera menghubungi nomor dimaksud.(Fahrul Ichsan)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini