Gelar Binsiap Apwil dan Puanter, Dandim Bojonegoro: Selalu Waspada Dalam Mencermati Perkembangan Situasi | Media Sergap -->

Gelar Binsiap Apwil dan Puanter, Dandim Bojonegoro: Selalu Waspada Dalam Mencermati Perkembangan Situasi

Gelar Binsiap Apwil dan Puanter, Dandim Bojonegoro: Selalu Waspada Dalam Mencermati Perkembangan Situasi


📆 Rabu, 12-Juni-2024_🕑 16.21 WIB

BOJONEGORO • JATIM [mediasergap.com] ⚖️🇮🇩

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Babinsanya, Komando Distrik Militer (Kodim) 0813 Bojonegoro Jawa Timur menggelar kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) di Gedung Ahmad Yani Makodim setempat, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan dengan tema 'Aparat Teritorial Bersama Rakyat Siap Mewujudkan Indonesia yang Hebat, Maju dan Sejahtera' ini diikuti oleh Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro. Hadir juga dalam kegiatan tersebut tim Pengawas Kegiatan (Wasgiat) dari Staf Teritorial Korem 082/CPYJ yang di ketuai oleh Pasi Bin Puanter Mayor Inf Bambang Riyanto.

Dalam Amanatnya yang dibacakan Pasiter Lettu Kav Sujirman, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan program kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahun, dengan harapan seluruh Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro dapat menguasai pengetahuan yang terkandung dalam materi Binsiap Apwil dan Puanter serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat perorangan maupun Satuan.

Sehingga, hal tersebut harus dipahami oleh setiap Apkowil sebagai pedoman dilapangan khususnya peran TNI AD dengan amanat UU Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2024 Pasal 8d yang menyatakan bahwa Angkatan Darat bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat yang direalisasikan melalui kegiatan Binter.

Masih menurut Dandim, bahwa untuk meningkatkan kemampuan sebagai Aparat Komando Kewilayahan, maka setiap Apkowil wajib memahami bagaimana caranya agar kehadiranya senantiasa bermanfaat bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI-rakyat.

Adapun kemampuan yang dimaksud itu adalah dengan cara mendalami kembali materi-materi wajib diantaranya Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, Lima Kemampuan Teritorial dan Sikap Teritorial, serta materi tambahan yang akan disampaikan oleh pemateri dari Dinas Terkait.

"Antara lain materi pengetahuan undang undang ITE, materi penanggulangan bencana, materi komunikasi digital dan materi pembentukan opini/kontra opini di media sosial," kata Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., dalam sambutanya.

Dandim 0813 Bojonegoro juga berharap, agar materi yang telah diperoleh itu dapat diimplementasikan diwilayah binaan masing-masing saat bertugas dalam rangka menghadapi era globalisasi serta semakin kompleksnya ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) guna menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh.

"Selain itu perhatikan selalu faktor keamanan dalam setiap melaksanakan tugas dilapangan, dan selalu waspada dalam mencermati perkembangan situasi yang ada," pesan Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM. (Red/Rel)

No comments:

Post a Comment

Berita Terkini