WARGA SOROTI PLANK INFORMASI ANGGARAN APBKep DESA MELAYU TENGAH YANG TIDAK DIPAJANG DI KANTOR KEPENGHULUAN | Media Sergap -->

WARGA SOROTI PLANK INFORMASI ANGGARAN APBKep DESA MELAYU TENGAH YANG TIDAK DIPAJANG DI KANTOR KEPENGHULUAN

📆Kamis, 27-Oktober-2022 [18.38]

 WARGA SOROTI PLANK INFORMASI ANGGARAN APBKep DESA MELAYU TENGAH YANG TIDAK DIPAJANG DI KANTOR KEPENGHULUAN


ROHIL • RIAU » mediasergap ⚖️🇮🇩

Lapisan warga masyarakat Kepenghuluan Melayu Tengah Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sangat menyoroti Kucuran Anggaran Dana APBKep Kepenghuluan mereka berkisar ± Rp. 1.475.319.000,- yang tidak di informasikan kepada masyarakat secara transfaransi dengan alat pajangan papan informasi hingga berita ini diturunkan belum juga dipasang oleh  pihak Penghulu Melayu tengah yang dipimpin Ismar Khozali.

Sosok Penghulu Kepenghuluan Melayu Tengah  Ismar Khozali yang menjabat sejak 2021 lalu, disebut warga terkesan begitu tertutup mengenai Informasi Anggaran kepada masyarakatnya terutama tentang penggunaan Dana APBKep 2022.

Hal itu terbuktikan dengan tidak adanya pemasangan plank Informasi di Kantornya. Tentang rincian dan besaran penggunaan APBKep yang di kelola Desanya, sementara pada Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012 dan Permen PU Nomor 12 Tahun 2014, telah di atur tentang Pembangunan Regulasi tentang setiap Pengerjaan Pembangunan yang dibiayai oleh Negara wajib membuat plank informasi (Proyek) baik yang bersumber dari APBD, APBN bahkan Dana Desa sekalipun.

Hal ini terungkap saat mediasergap.com investigasi kelapangan Kantor Penghulu Melayu Tengah  Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rabu (26/10/2022), dan rasa kekecewaan itu terungkap dari warga dan Oknum Perangkat Bpkep yang enggan disebut namanya saat berbincang bincang dengan mediasergap.

Ketika dugaan ketertutupannya tersebut di komfirmasi mediasergap.com melalui pesan WhastAppnya di nomor 0822 8537 xxxx Penghulu Ismar Khozali, Rabu (26/10/2022), mengatakan "Sudah pernah kami Pasang Baliho LPJ APBKep 2021 dan APBKep 2022, hanya saja kurang dari 1 (satu) bulan Kami pasang Baliho tersebut hilang di ambil orang tidak kami ketahui" balas Penghulu Ismar Khozali. 

Kemudian mediasergap kembali mempertanyakan apakah ada niat untuk mengganti atau memasang plank informasi yang hilang itu kembali ? di balas lagi oleh Penghulu Ismar Khozali "secara anggaran gak ada lagi Anggaran ganti Baliho seperti yang Bapak maksud, setelah Kami pasang dan ternyata di ambil orang yang tidak di ketahui kurang dari 1 (satu) bulan setelah Kami pasang" balasan Penghulu Ismar Khozali mengulang lagi penyampaiannya seperti di awal konfirmasi.

Menanggapi hal tersebut salah seorang warga masyarakat Melayu Tengah Gang Melati Herianto dkk di kediamannya Kamis (27/10/2022) berkomentar, "Keberadaan papan informasi penggunaan Kucuran Anggaran Dana Kepenghuluan Melayu Tengah ini tidak pernah kami lihat dipasang, sesuai UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pasal 9 ayat 2 huruf c, ini salah satu ciri-ciri Birokrasi.

Pemerintah Desa bermasalah dan cacat Hukum yaitu tidak memasang Pagu Anggaran di depan Kantor Desa, atas aturan yang ada ini jelas permasalahan Anggaran Milyaran di Kepenghuluan ini harus benar-benar di awasi sebab sepertinya, tidak ada keinginan pihak Kepenghuluan untuk keterbukaan kepada masyarakat tentang kucuran dana masyarakat yang di kelola pihak Penghulu Melayu Tengah ini. Wajar saja kalau warga sangat menyoroti masalah Anggaran ini" sebut Herianto dkk tegas. (M.Nasti)

1 comment:

Berita Terkini